Masuk Hotel, Anak di Bawah 12 Tahun Wajib Tunjukkan Antigen Negatif

Masuk Hotel, Anak di Bawah 12 Tahun Wajib Tunjukkan Antigen Negatif
Perempuan dan anak di DKI Jakarta. ©2019 Merdeka.com
NEWS | 21 September 2021 09:28 Reporter : Intan Umbari Prihatin

Merdeka.com - Pemerintah memperpanjang pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) berdasarkan level di Pulau Jawa-Bali selama dua pekan. Perpanjangan PPKM terhitung mulai 21 September hingga 4 Oktober 2021.

Terkait hal tersebut Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian pun mengeluarkan Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 43 tahun 2021 tentang pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat level 4,3,2 Covid-19 di Wilayah Jawa dan Bali.

Adapun dalam aturan anak di bawah 12 tahun diberikan kelonggaran untuk bisa masuk dalam tempat umum. Pertama pada perhotelan non karantina, anak di bawah 12 tahun boleh masuk dengan syarat harus menunjukan hasil negatif antigen H-1/PCR pada H-2.

"Pengunjung usia di bawah 12 (dua belas) tahun harus menunjukkan hasil negatif Antigen (H-1)/PCR (H-2)," bunyi aturan tersebut dikutip merdeka.com, Selasa(21/9).

Tidak hanya itu, dalam aturan tersebut wilayah PPKM level 3 pusat perbelanjaan atau mal boleh dibuka. Adapun di daerah Jakarta, Yogyakarta, Bandung, dan Surabaya penduduk dengan usia di bawah 12 tahun boleh masuk dengan syarat didampingi oleh orang tua.

Walaupun diperbolehkan mengunjungi mal, anak usia di bawah 12 tahun tidak diperbolehkan masuk ke dalam bioskop hingga tempat wisata. Sementara itu tempat wisata yang diperbolehkan buka juga akan ditetapkan oleh Kementerian Pariwisata dan ekonomi kreatif.

"Anak usia di bawah 12 tahun tidak diperbolehkan masuk tempat wisata yang dilakukan uji coba," dalam aturan tersebut. (mdk/rhm)

Baca juga:
Tangsel Masih PPKM Level 3 Meski Kasus Penyebaran Covid-19 Berkurang
VIDEO: PPKM Diperpanjang hingga 4 Oktober, Ini Aturan Terbaru yang Dilonggarkan
PPKM Diperpanjang hingga 4 Oktober, Ini 10 Daerah Luar Jawa-Bali Masih Level 4
Candi Ratu Boko & Merapi Park Dibuka, Bupati Sleman Ingatkan Prokes ke Pengelola
Daftar Kabupaten/kota di Jawa-Bali Masuk Level 2 & 3 PPKM hingga 4 Oktober
Bioskop di Jabodetabek Boleh Dibuka, Ini Syarat Wajib buat Pengunjung

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami