Anak Pramono Anung Bakal Lawan Kotak Kosong di Pilkada Kabupaten Kediri

Anak Pramono Anung Bakal Lawan Kotak Kosong di Pilkada Kabupaten Kediri
PERISTIWA | 22 September 2020 23:32 Reporter : Erwin Yohanes

Merdeka.com - Kabupaten Kediri dan Ngawi dipastikan bakal menggelar Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) dengan kotak kosong, lantaran hanya ada satu pasangan calon yang hingga kini mendaftar di Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat.

Soal Pilkada yang bakal digelar dengan kotak kosong ini pun dibenarkan oleh Ketua Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Timur, Choirul Anam. Ia menyebut, hingga hari terakhir pendaftaran tahap 2, tidak ada calon lain yang mendaftar, selain sepasang calon saja.

"Hari terakhir pendaftaran tahap II pada 13 September 2020 lalu, tidak ada calon lain lagi yang mendaftar," katanya, Selasa (22/9).

Akibatnya, dengan ditutupnya pendaftaran tahap 2 di kedua daerah tersebut, secara otomatis hanya pasangan yang mendaftar lah yang dinyatakan lolos. Pasangan tersebut, nantinya akan melawan kotak kosong saat hari pemungutan suara pada 9 Desember 2020 mendatang.

Meski demikian, ia mengaku tahapan Pilkada tetap akan berjalan sebagaimana mestinya, meski dalam kontestasi nantinya sepasang calon kepala daerah akan melawan kotak kosong.

"Tahapan selanjutnya sama seperti daerah-daerah lain, seperti ada kampanye, tes kesehatan, debat publik dan sebagainya," ungkapnya.

Untuk diketahui, untuk Pilkada Kabupaten Kediri, putra Sekretaris Kabinet (Sekkab) Pramono Anung, Hanindhito Himawan Pramono, berpasangan dengan Dewi Maria Ulfa, bakal melawan kotak kosong di wilayah tersebut.

Sebab, pasangan ini mendapatkan seluruh dukungan dari partai politik setempat. Mulai dari PDI-P, PKB, Golkar, Gerindra, PAN, Nasdem, Demokrat, PKS dan PPP. Sedangkan di Kabupaten Ngawi, Petahana Ony Anwar Harsono berpasangan dengan Dwi Rianto Jatmiko juga mendapatkan dukungan penuh dari partai politik setempat.

Di Jawa timur, Pilkada dengan kotak kosong ini bukan yang kali pertama. Hal ini pernah terjadi di Kabupaten Blitar pada Pilkada 2015 lalu. Dimana pasangan Rijanto-Marhaenis melawan kotak kosong dan menang. (mdk/fik)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami