Anak SMA Setuju UN Dihapus: Pelajaran Tak Sesuai 'Passion' Bikin Malas

PERISTIWA | 12 Desember 2019 18:22 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Wacana penghapusan Ujian Nasional (UN) oleh Mendikbud Nadiem Makarim mendapat dukungan dari sejumlah siswa SMA di Jakarta. UN dinilai sudah tidak representatif terhadap minat anak.

Ketua OSIS SMAN 109 Jakarta, Pujangga menilai, UN dihapus bisa meringankan beban siswa untuk meraih bakat dan minat yang memang diimpikan.

"Saya setuju sih, karena kalau di jenjang sekarang banyak pelajaran yang terkadang enggak sesuai passion yang bikin kita malas belajar. Jika dari muridnya sendiri jalanin setengah-setengah atau tidak sesuai passion bikin kita malas belajar, karena males belajar nanti pencapaian di dunia pendidikan jadi menurun. Kalau kita sesuai dengan passion dan minat kita akan bisa lebih ikhlas dan hasilnya akan lebih bagus," ujar Pujangga di SMA 109, Jakarta, Kamis (12/12).

1 dari 2 halaman

Tak hanya Pujangga, Ica, siswi kelas 3 SMAN 109 ini pun menilai, UN buat anak sekolah menjadi kurang berguna. Karena cuma buat pilihan sekolah dan data sekolah. Sedangkan anak-anak kelas 3 lebih mementingkan tes masuk Perguruan Tinggi daripada Ujian Nasional.

"Kalau UN buat SMA saya rasa kurang berguna karena kalau jenjang SMA lebih mentingin UTBK daripada UN, buat pengganti UN diadain tes dari tujuan sekolah/kampus yang akan dipilih bisa sih," ucap Ica.

2 dari 2 halaman

Sementara itu, Guru BK SMAN 109 Jakarta Bandri memberikan contoh pendidikan di negara-negara maju lain. Di sana lebih terkonsentrasi terhadap minat.

"Sehingga siswa tidak stres karena terlalu banyak pelajaran yang harus mereka pelajari. Saya setuju UN dihapus dengan catatan ada pengganti yang proporsional dan mengarah pada minat siswa biar bisa fokus", kata Bandri.

Reporter Magang: Habib Awwaluddin Rizqiwanto (mdk/rnd)

Baca juga:
Ini Contoh Soal Asesmen Pengganti UN Menurut Nadiem Makarim
JK Sindir Nadiem Makarim: Jangan Ciptakan Generasi Muda yang Lembek
Hapus UN, Begini Penjelasan Mendikbud Nadiem soal Asesmen Kompetensi Siswa
Nadiem Hapus Ujian Nasional, DPR Ingatkan 'Jangan Jadikan Siswa Kelinci Percobaan'
VIDEO: Jokowi Dukung Keputusan Mendikbud Nadiem Hapus UN
Buya Syafii Ingatkan Nadiem Mengelola Pendidikan Beda dengan GO-JEK

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.