Anggota DPRD Jatim Terima Aduan APD di Puskesmas Hanya Masker

Anggota DPRD Jatim Terima Aduan APD di Puskesmas Hanya Masker
PERISTIWA | 26 Maret 2020 11:34 Reporter : Erwin Yohanes

Merdeka.com - Tenaga medis selama ini menjadi garda terdepan dalam penanganan kasus penyakit corona atau covid-19. Namun, petugas medis ditingkat puskesmas, justru tidak mendapat alat pelindung diri (APD) yang memadai.

Keluhan ini lah yang disampaikan oleh anggota DPRD Provinsi Jawa Timur, Adam Rusyadi. Ia menyatakan, selama ini dirinya bersama dengan anggota DPRD Prov lain, menerima aduan dan masukan dari para petugas medis setingkat puskesmas di daerah-daerah.

Ia menyebut, selama ini petugas puskesmas-lah yang menjadi garda paling depan yang langsung bersentuhan pertama kali dengan masyarakat.

"Ada keluhan dan masukan yang disampaikan pada kami, bahwa petugas puskesmas di daerah-daerah selama ini tidak memiliki APD yang memadai. Padahal, mereka lah yang pertama kali melakukan deteksi pertama kali bila ada masyarakat yang mengeluh sakit," katanya, Kamis (26/3).

Ia menambahkan, selama ini petugas puskesmas hanya membekali diri dengan APD berupa masker dan sarung tangan. APD ini pun terkesan apa adanya.

"Mereka hanya dilengkapi dengan masker. Padahal mereka lah yang mendeteksi pertamakali bila ada masyarakat yang sakit, baru kemudian memberikan rujukan ke rumah sakit," tukasnya.

Dengan mewabahnya penyakit Covid-19 ini, para petugas medis ditingkat puskesmas pun merasa khawatir dengan keselamatan diri mereka dan keluarganya.

"Puskesmas garda terdepan, orang akan periksa di puskesmas lebih dulu baru kemudian dirujuk, bila demikian maka petugas puskesmas lah yang akan terpapar lebih dulu. Selain rentan tertular, mereka juga rentan menjadi pembawa virus," tegasnya.

Untuk itu lah, pihaknya mendesak pada pemerintah agar turut mengutamakan keselamatan petugas puskesmas lebih dulu, selain petugas medis di rumah sakit.

Selain itu, ia juga meminta pada pemerintah agar segera memberikan tes massal pada petugas medis terlebih dulu, mulai dari tingkat puskesmas hingga rumah sakit.

"Kita harus selamatkan petugas medis dulu dari penularan penyakit corona ini. Kalau bukan mereka yang kita selamatkan lebih dulu, nanti siapa yang akan menyelamatkan kita atau masyarakat," tegasnya. (mdk/rhm)

Baca juga:
Cegah PHK saat Corona, Pemerintah Siap Terbitkan Surat Utang
7 Ciri-ciri Gejala Hantavirus, Pahami dan Deteksi Sejak Dini
Secuil Doa di Masker Plastik Buatan Biksu Buddha Thailand
Tekan Penyebaran Corona, Polda Metro Tutup Pengurusan SIM Hingga 29 Mei 2020
Tata Cara Bila Ingin Periksa ke RS Darurat Covid-19 Wisma Atlet Kemayoran

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami