Anggota TNI Berpangkat Kopda Kuasai Tujuh Bahasa Asing

PERISTIWA | 7 Oktober 2019 17:29 Reporter : Didi Syafirdi

Merdeka.com - Seorang anggota TNI berpangkat Kopral Dua (Kopda) Hardius Rusman memiliki kepiawaian menguasai tujuh bahasa asing, yaitu Jerman, Prancis, Portugal, Belanda, Spanyol, Inggris dan Italia.

Yang lebih menarik Hardius memiliki kemampuan itu tanpa pernah belajar secara formal. Dia hanya belajar melalui WhatsApp Group yang beranggotakan dari berbagai negara.

Hardius bertugas di Kodim 0111/Bireuen Kodam Iskandar Muda (IM) merupakan lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA) 2 Bengkulu Selatan tahun 2004 lalu.

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto menerima Hardius di Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur. Dia mengatakan bahwa kemampuan yang diberikan kepada Hardius merupakan sebuah anugerah.

"Dengan kemampuan menguasai tujuh bahasa asing, diharapkan Kopda Hardius Rusman bisa memberikan kontribusi kepada masyarakat pada umumnya dan institusi TNI pada khususnya," kata Hadi, Senin (7/10).

Menurut Hadi, saat ini sudah ada prajurit TNI berpangkat terendah yang memiliki kemampuan tujuh bahasa asing. "Prajurit ini bisa menjadi contoh dan memberikan motivasi kepada prajurit-prajurit lainnya," harapnya.

Baca juga:
Deretan Senjata Baru TNI, Ada Buatan Indonesia
Ribuan Prajurit Gelar Gladi Bersih HUT ke-74 TNI
EMTEK Pererat Silaturahmi dengan KASAD
Grup Emtek dan TNI AD Sepakat Tingkatkan Kerja Sama
Panglima TNI Pimpin Apel Siaga Pengamanan Pelantikan Presiden
Tugas Serba Guna TNI di Papua, dari Selamatkan Anak Tenggelam Hingga Jadi Guru

(mdk/did)