Angin Kencang Terjang Situbondo, Puluhan Rumah Rusak

Angin Kencang Terjang Situbondo, Puluhan Rumah Rusak
Angin Kencang Terjang Situbondo. ©2022 Merdeka.com
NEWS | 19 Januari 2022 15:38 Reporter : Supriatin

Merdeka.com - Angin kencang menyebabkan 22 rumah rusak di Kabupaten Situbondo, Provinsi Jawa Timur pada Selasa (18/1). Rinciannya, 3 rumah rusak berat, 15 rusak sedang, dan 4 rusak ringan.

Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Abdul Muhari mengatakan lokasi terdampak angin kencang berada di Desa Talkandang, Kecamatan Situbondo. Sebanyak 22 KK terdampak kejadian yang berlangsung pada 16.30 WIB itu.

“Peristiwa ini tidak menyebabkan terjadinya pengungsian atau pun korban luka-luka,” katanya melalui keterangan tertulis, Rabu (19/1).

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Situbondo dibantu TNI, Polri, pemerintah desa dan kecamatan melakukan penanganan darurat dengan membantu warga yang rumahnya rusak. BPBD juga masih melakukan kaji cepat untuk mengidentifikasi apabila ada kerusakan lain.

Berdasarkan prakiraan cuaca, secara umum Provinsi Jawa Timur berpotensi mengalami hujan lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang hingga 22 Januari 2022. Sementara di Kabupaten Situbondo, hari ini hingga esok hari (20/1) berpotensi mengalami hujan lebat.

BNPB mengimbau pemerintah daerah dan masyarakat untuk selalu waspada dan siap siaga terhadap potensi bahaya hidrometeorologi basah, seperti banjir, banjir bandang, tanah longsor dan angin kencang. Berbagai upaya pencegahan atau langkah penanganan dini dapat dilakukan di tingkat desa, misalnya seperti penyiapan peralatan evakuasi, tempat pengungsian sementara atau pun pemantauan dini prakiraan cuaca.

Masyarakat juga diimbau untuk menghindari pohon maupun bangunan yang berpotensi mengalami rubuh saat terjadi angin kencang. (mdk/ray)

Baca juga:
Hujan Deras Angin Kencang, Ini Detik-Detik Terminal Ambruk & Jembatan Putus di Jatim
Angin Kencang Landa 6 Desa di Madiun, 56 Rumah Rusak
Puluhan Rumah di Jember Rusak Diterjang Angin Kencang
Nasib Puluhan Rumah di Jember Rusak Dihantam Angin Kencang, BPBD Imbau Hal Ini
BMKG Minta Warga Cirebon Waspada Angin Kencang Capai 56 km/jam

TOPIK TERKAIT

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami