Angin Puting Beliung Terjang TPS Pilkades di Garut

PERISTIWA | 5 November 2019 22:03 Reporter : Mochammad Iqbal

Merdeka.com - Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak digelar hari ini (5/11) di Kabupaten Garut. Salah satu desa di Kecamatan Sukawening, kegiatan pemungutan suara sempat terganggu setelah angin puting beliung vertikal menerjang selama beberapa saat.

Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan pada BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Kabupaten Garut, Tubagus Agus Sofyan, menyebut desa yang saat pemilihan diterjang puting beliung adalah Sukaluyu, Kecamatan Karangpawitan.

"Lokasinya di Kampung Tagog, Rt 03/01. Kejadiannya sekitar pukul 12.15," ujarnya.

Akibat tiupan angin puting beliung tersebut, disebut Tubagus, sebagian tenda tempat pemungutan suara mengalami kerusakan. Namun ia memastikan tidak ada korban jiwa maupun luka akibat terjangan angin puting beliung vertikal tersebut.

Sementara itu, Camat Sukawening Khaerudin menyebut bahwa saat angin puting beliung menerjang, sebagian warga sempat panik. Namun meski demikian, sebagian warga lainnya bersama aparat berusaha menjaga agar tenda tidak ambruk.

Ia memastikan bahwa tenda yang digunakan untuk tempat pemungutan suara tidak mengalami kerusakan. "Proses pemilihan tidak terlalu mengganggu dan bisa dilanjutkan setelah diperbaiki. Sekarang sedang proses penghitungan suara," katanya.

Baca juga:
BPBD Jateng Gelontorkan Rp1,4 Miliar Renovasi Rumah Terdampak Puting Beliung
3 Ribu Lebih Rumah Warga di Jateng Rusak Akibat Puting Beliung
515 Rumah Rusak di Kota Batu Akibat Terjangan Angin Kencang
Warga Korban Bencana Puting Beliung di Kota Batu Bersihkan Rumah
Khofifah Jamin Ketersediaan Bantuan bagi Pengungsi Puting Beliung di Batu
VIDEO: Rumah Wali Kota Jadi Tempat Pengungsian Korban Puting Beliung di Batu
Satu Warga Meninggal dan 20 Bangunan Rusak Akibat Puting Beliung Landa Kota Batu

(mdk/lia)