Anies ke Sopir Transjakarta Gagalkan Bunuh Diri: Bapak Adalah Teladan Kami

Anies ke Sopir Transjakarta Gagalkan Bunuh Diri: Bapak Adalah Teladan Kami
Anies Baswedan. ©2022 Antara
NEWS | 28 Januari 2022 22:41 Reporter : Yunita Amalia

Merdeka.com - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menemui Khaerun, sopir Transjakarta yang menjadi perbincangan positif di masyarakat. Anies mengundang Khaerun untuk menyampaikan apresiasi secara langsung.

"Hari ini kami mengundang Pak Khaerun ke Balai Kota untuk mengapresiasi beliau langsung. Terima kasih Pak Khaerun sudah menunjukkan respon sebagai seorang yang bertanggungjawab," kata Anies dalam akun instagram @aniesbaswedan, Jumat (28/1).

Anies berujar, peristiwa yang dialami Khaerun patut diapresiasi. Berkat kepekaan Khaerun, ia memilih untuk peduli dan bertindak, memilih menyelamatkan sesama warga dan tidak membiarkan warga tersebut sendiri.

"Bapak adalah teladan bagi kita semua," ujarnya.

Berkaca dari peristiwa Khaerun dan wanita yang sempat mengakhiri hidupnya, Anies berpesan agar tidak mengabaikan kesehatan jiwa diri sendiri dan sesama. Bagi Anies, kesehatan mental sama pentingnya dengan kesehatan fisik.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu mengajak seluruh masyarakat apabila merasa depresi, cemas atau merasa kesehatan jiwa terganggu untuk segera meminta pertolongan.

"Jangan ragu untuk menghubungi dan berdiskusi dengan pihak terkait, seperti psikolog, psikiater, juga klinik kesehatan jiwa," imbuhnya.

Anies juga menyampaikan bahwa Dinas Kesehatan Jakarta menyediakan psikolog secara gratis bagi warga yang ingin melakukan konsultasi kesehatan jiwa .

"Terdapat 23 lokasi konsultasi gratis di 23 Puskesmas Jakarta dengan BPJS," kata dia.

Selain Dinkes DKI, warga juga dapat menghubungi lembaga berikut untuk berkonsultasi; Yayasan Pulih: (021) 78842580; Hotline Kesehatan Jiwa Kementerian Kesehatan: (021) 500454; dan LSM Jangan Bunuh Diri: (021) 9696 9293.

2 dari 2 halaman

Diketahui, sipir bus Transportasi Jakarta (Trans jakarta) Khaerun berhasil mencegah upaya bunuh diri yang dilakukan oleh seorang perempuan di wilayah Jembatan Dua, Jakarta Barat.

Khaerun merupakan seorang sopir Transjakarta dengan nomor bodi PPD 707 rute Pluit-Pinang Ranti (koridor 9).

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Divisi Sekretaris PT Transjakarta Angelina Betris membenarkan adanya peristiwa tersebut. Kata dia kejadian itu berlangsung pada Selasa (25/1) pukul 15.20 WIB.

Khaerun tersebut terlihat spontan memberhentikan busnya ketika melihat seorang wanita tengah duduk di atas pembatas Flyover di wilayah Jembatan dua," kata Betris dalam keterangan tertulis, Jumat (28/1).

Lalu, dia langsung berusaha membujuk wanita tersebut. Khaerun berinisiatif turun dari bus untuk membatalkan niat dari seorang perempuan yang tidak diketahui identitasnya tersebut.

Saat membujuk, kata Betris, Khaerun dengan sigap menarik tubuh wanita tersebut dan langsung diamankan.

"Kemudian wanita yang diperkirakan berusia sekitar 20 itu dibawa ke dalam bus dan diserahkan ke Pos Polisi Jembatan Besi, Jakarta Barat kemudian melanjutkan tugasnya melakukan pelayanan kembali," ucapnya.

Selain itu, pihaknya mengapresiasi atas tindakan yang dilakukan oleh Khaerun. Yakni dapat menyelamatkan nyawa seseorang.

"Transjakarta sangat mengapresiasi tindakannya menyelamatkan nyawa, dan bisa menjadi contoh untuk insan Transjakarta yang lain," jelas dia. (mdk/fik)

Baca juga:
Gagalkan Upaya Bunuh Diri, Sopir Transjakarta Terima Apresiasi Piagam dan Emas
VIDEO: Sosok Sopir TransJakarta Penyelamatan Wanita Ingin Bunuh Diri di Jalan Layang
Cerita Sopir Bus Transjakarta Cegah Wanita Bunuh Diri di Jembatan Dua
Selain ber-AC, Ini Kelebihan MikroTrans yang Bisa Dinikmati Warga Jakarta
Pelican Crossing di Halte TransJakarta Glodok
Transjakarta Kembali Operasikan Rute Ciputat-Tosari Mulai 24 Januari 2021

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami