Anita Kolopaking Ajukan Praperadilan

Anita Kolopaking Ajukan Praperadilan
PERISTIWA | 8 Agustus 2020 22:15 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Tim Advokat Pembela Anita Dewi Kolopaking secara resmi mengajukan gugatan praperadilan terhadap Bareskrim Polri atas penahanan kliennya.

Juru bicara Tim Advokat Pembela Ibu Anita Dewi Kolopaking, RM Tito Hananta mengatakan, pihaknya keberatan dengan penahanan terhadap Anita Dewi Kolopaking, yang dilakukan penyidik Bareskrim Polri.

"Dan Anita Dewi Kolopaking telah menandatangani Berita Acara Penolakan Penahanan karena tidak terima dengan penahanan yang dilakukan terhadap dirinya, dan kami sudah mendaftarkan gugatan praperadilan ke pengadilan negeri terhadap upaya penahanan tersebut," katanya di Jakarta, Sabtu (8/8).

Dia menjelaskan, alasan penahanan tersebut, sebenarnya tidak perlu dilakukan karena Anita kooperatif. Tim Penasihat hukum menjamin bahwa kliennya tidak akan melarikan diri serta tidak menghilangkan barang bukti.

"Tetapi kenapa penahanan tetap dilakukan? Jadi kami melakukan upaya praperadilan untuk menguji penetapan tersangka dan penahanan terhadap Ibu Anita Dewi Kolopaking," ujarnya.

Bareskrim menahan Anita Kolopaking ke bui setelah menjalani pemeriksaan terkait penerbitan surat jalan untuk kliennya yang diterbitkan oleh Brigjen Pol Prasetijo Utomo pada Jumat (7/8). Anita ditempatkan di Rutan Bareskrim Polri hingga 20 hari ke depan.

Reporter: Ady Anugrahadi
Sumber: Liputan6.com (mdk/fik)

Baca juga:
KPK Siap Hadir Saat Gelar Perkara Tersangka Kasus Hilangnya Red Notice Djoko Tjandra
Cecar 55 Pertanyaan, Polisi Usut Peran Anita Kolopaking dalam Kasus Surat Jalan Palsu
Akan Dibahas Senin, Ketua LPSK Ungkap Pengajuan Perlindungan Anita Kolopaking Ditolak
Anita Kolopaking Ajukan Praperadilan
Polisi Akan Konfrontasi Anita Kolopaking dengan Brigjen Prasetijo
LPSK Bisa Lindungi Jika Anita Kolopaking Jadi Justice Collaborator
Polisi Tahan Anita Kolopaking Agar Tak Melarikan Diri

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami