Anita Kolopaking Mangkir Diperiksa Bareskrim Terkait Surat Jalan Djoko Tjandra

Anita Kolopaking Mangkir Diperiksa Bareskrim Terkait Surat Jalan Djoko Tjandra
Djoko Tjandra Dilimpahkan ke Kejaksaan Agung. ©2020 Merdeka.com
PERISTIWA | 4 Agustus 2020 16:53 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Pengacara Anita Kolopaking mangkir diperiksa penyidik Bareskrim hari ini. Anita diperiksa sebelumnya dijadwalkan diperiksa sebagai tersangka kasus surat jalan buronan 11 tahun kasus hak tagih bank Bali, Djoko Tjandra.

"Nggak datang," kata Kadiv Humas Polri Irjen Raden Prabowo Argo Yuwono saat dikonfirmasi, Selasa (4/8).

Argo tidak membeberkan alasan Anita Kolopaking tidak hadir dalam pemeriksaan tersebut. Penyidik Bareskrim pun akan melayangkan pemanggilan kedua kepada Anita Kolopaking setelah mangkir dalam pemeriksaan perdana hari ini.

"Anita tetap dilayangkan surat panggilan kedua oleh penyidik untuk hadir hari Jumat untuk didengar keterangannya sebagai tersangka," ujar dia.

Anita Dewi Anggraeni Kolopaking telah ditetapkan sebagai tersangka kasus surat jalan palsu yang diterbitkan Brigjen Pol Prasetijo Utomo untuk klien Anita, Djoko Tjandra. Anita yang juga merupakan kuasa hukum Djoko Tjandra, disangkakan dengan Pasal 263 (2) dan Pasal 223 KUHP.

Penyidik telah menyita sejumlah barang bukti di antaranya surat jalan palsu dan surat pemeriksaan Covid-19 atas nama Djoko Tjandra. Anita menjadi tersangka menyusul eks Karo Korwas PPNS Bareskrim Polri Brigjen Pol Prasetijo Utomo yang sudah berstatus tersangka terlebih dulu terkait kasus yang sama.

Prasetijo disangkakan dengan pasal berlapis yakni Pasal 263 ayat 1 dan 2 KUHP juncto Pasal 55 ayat 1 ke-1 E KUHP, Pasal 426 ayat 1 KUHP, dan Pasal 221 ayat 1 ke 2 KUHP.

Reporter: Nanda Perdana Putra (mdk/gil)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami