Anita Kolopaking Tak Berinisiatif Bikin Surat Jalan Palsu Djoko Tjandra

Anita Kolopaking Tak Berinisiatif Bikin Surat Jalan Palsu Djoko Tjandra
PERISTIWA | 20 Oktober 2020 21:01 Reporter : Bachtiarudin Alam

Merdeka.com - Pengacara Djoko Tjandra, Anita Kolopaking melalui tim kuasa hukumnya membantah bila terlibat dalam pembuatan surat jalan palsu Djoko Tjandra sebagaimana dakwaan dari Jaksa Penuntut Umum (JPU).

Hal itu disampaikan saat agenda sidang eksepsi atau nota keberatan atas dakwaan pembuatan surat jalan palsu, di Pengadilan Negeri Jakarta Timur, Selasa (20/10).

"Jaksa Penuntut Umum tidak menguraikan dengan Jelas Surat-Surat Palsu yang mana saja yang telah dibuat dan digunakan oleh terdakwa sehingga dipersalahkan terhadap diri terdakwa (Anita A Kolopaking)," kata sakah sati tim kuasa hukum.

Menurutnya, berdasarkan uraian Surat Dakwaan No. REG: PDM-125/JKT.TIM/EKU/09/2020, JPU mendakwa Terdakwa Anita telah membuat atau setidaknya turut serta membantu membuat dan/atau menggunakan surat-surat dokumen perjalanan yang isinya palsu.

Akan tetapi, tim kuasa hukum Anita dalam pembacaan eksepsinya menilai tidak ada satu pun uraian secara jelas tentang dokumen palsu yang mana saja yang dibuat dan digunakan oleh Terdakwa serta dimintakan pertanggungjawaban pidananya kepada Terdakwa.

"Padahal dokumen-dokumen yang diduga palsu tersebut tidak hanya tercatat atas nama Terdakwa saja, melainkan ada atas nama saksi Brigjen Pol. Prasetijo Utomo, saksi Joko Soegiarto Tjandra, dan saksi Jhony Andrijanto dimana surat-surat atas nama saksi-saksi tersebut pembuatan jelas bukan atas inisiatif Terdakwa dan tidak dipergunakan oleh atau untuk kepentingan Terdakwa," ujarnya.

"Bagaimana mungkin Terdakwa juga dipersalahkan atas pembuatan dan penggunaan dokumen perjalanan atas nama saksi-saksi tersebut. Sementara dokumen tersebut bukan produk yang dibuat atau dikeluarkan oleh Terdakwa dan tidak dipergunakan untuk kepentingan perjalanan Terdakwa," tambahnya.

Baca Selanjutnya: Termasuk dakwaan JPU yang tidak...

Halaman

(mdk/rnd)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami