Anjing Pelacak Disiagakan Antisipasi Narkoba Masuk Rutan Makassar

Anjing Pelacak Disiagakan Antisipasi Narkoba Masuk Rutan Makassar
Anjing pelacak disiagakan antisipasi narkoba masuk Rutan Makassar. ©2021 ANTARA
PERISTIWA | 15 Mei 2021 00:05 Reporter : Wisnoe Moerti

Merdeka.com - Rumah Tahanan Negara Kelas I Makassar, Sulawesi Selatan, menyiagakan anjing pelacak. Tujuannya untukmengantisipasi ada pembesuk nakal yang menyelundupkan masuk narkoba ke rutan setempat.

"Pada dasarnya langkah ini merupakan bagian dari mitigasi risiko dalam pencegahan peredaran narkoba di rutan. Kami meminta kepada BNNP Sulsel agar bisa menghadirkan anjing pelacak bersiaga di depan rutan," kata Kepala Rutan Makassar Sulistyadi di Makassar, Jumat (14/5). Dilansir Antara.

Jam besuk kunjungan saat Lebaran kerap dimanfaatkan para bandar ataupun kurir untuk memasok barang haram tersebut ke dalam lapas atau rutan melalui para pembesuk.

Karena itu dua ekor anjing pelacak dari unit K-9 BNNP Sulsel sengaja berada di depan pintu masuk dengan tujuan dapat mengendus narkoba yang akan dibawa masuk oleh para pembesuk.

"Anjing pelacak ini akan bertugas selama 3 hari di Rutan Makassar," katanya.

Menurut dia, cara ini sangat tepat dalam rangka pencegahan narkoba masuk ke rutan, terutama pada saat Lebaran, yang biasanya mengalami peningkatan jumlah barang bawaan pembesuk untuk narapidana.

"Pada saat Lebaran, kapasitas jumlah titipan meningkat drastis ketimbang pada hari biasa. Untuk itu, pengamanan dan antisipasi juga perlu ditingkatkan," kata Sulistyadi menegaskan.

Sementara itu, Kepala Bidang Berantas BNNP Sulsel Agustinus Sollu mengatakan, langkah tersebut merupakan upaya preventif atau penceghahan. Penempatan dua ekor anjing pelacak untuk memutus mata rantai peredaran dan pemakaian narkoba di dalam rutan. Sekaligus melacak keberadaan para pemasok barang tersebut bila ditemukan, baik dibawa pembesuk maupun barang titipan itu.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulsel Harun Sulianto menilai, cara tersebut sebagai salah satu bukti sinergi kerja sama yang baik dengan BNNP Sulsel dalam hal pencegahan peredaran gelap narkotika di Rutan Makassar. (mdk/noe)

Baca juga:
2 Penyelundup Sabu Jaringan Iran dan Nigeria Diduga Pemasok Narkoba ke Kampung Ambon
310 Kg Sabu Jaringan Iran dan Nigeria Disembunyikan Pelaku di Piston Mobil
Polisi Bongkar Peredaran 310 Kg Sabu Jaringan Iran dan Nigeria, 2 Pelaku Ditangkap
Bongkar 3 Jaringan Internasional, BNN Sita 581,31 kg Sabu di Aceh dan Kepri
Pria Ini Ditangkap Gara-Gara Video TikTok Tutorial Memasukkan Narkoba ke Deodoran
Jaringan Pengedar Narkoba Asal Riau di NTB Dibongkar

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami