Antasari Azhar Minta Calon Pimpinan KPK Tak Takut Ombak dan Cengeng

PERISTIWA | 18 Juli 2019 17:22 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Mantan Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Antasari Azhar mengharapkan pimpinan KPK periode 2019-2023 tidak lemah dan tahan banting. Sebab dia menyebut dalam menjalankan tugasnya, pimpinan KPK akan menghadapi pelbagai resiko.

"Jika takut terkena ombak, jangan dirikan rumah di pinggir pantai. Jika takut ambil risiko, jangan jadi penegak hukum buka warung saja, cengeng juga enggak boleh," kata Antasari di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (18/7).

Dia menyebut saat bertugas pimpinan KPK juga akan menerima cobaan dari berbagai pihak yang tidak senang dengan KPK. Karena hal itu, Antasari mengimbau agar pimpinan baru nantinya jangan lengah.

"Jangan lengah seperti saya, saya lengah. Sudah tiap malam diikuti dan ada kelompok orang dikumpulkan di satu tempat, karena saya lengah dan saya menganggap remeh dan hal itu biasa tetapi nyatanya," ucap dia.

Sebelumnya, Panitia Seleksi Calon Pimpinan (Pansel Capim) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melaksanakan tes uji kompetensi pada Kamis (18/7).

Ketua Pansel Capim KPK Yenti Garnasih menjelaskan, uji kompentensi dibagi menjadi dua bagian. Pertama para capim KPK diminta menjawab pertanyaan pilihan ganda dan membuat makalah terkait permasalahan korupsi di Indonesia.

"Bagaimana kita berantas mencegah korupsi di Indonesia dan segala permasalahannya. Jadi, kita ingin menggali, sejauh mana mereka memahami permasalahan-permasalahan korupsi di Indonesia," kata dia di Pusdiklat Setneg, Jakarta Selatan, Kamis (18/7).

Yenti mengatakan, dari 192 peserta capim KPK, diharapkan ada 50 orang yang lolos.

Reporter: Ika Defianti
Sumber: Liputan6.com

Baca juga:
Antasari Nilai Formasi Pimpinan KPK Saat Ini Langgar UU Karena Tak Ada Unsur Jaksa
Hasil Uji Kompetensi Capim KPK Diumumkan Senin 22 Juli
Suasana Tes Tahap 2 Peserta Calon Pimpinan KPK
Laode Mengaku Kesulitan Jawab Soal Uji Kompetensi Capim KPK
Tes Capim KPK, Irjen Firli Mengaku Bisa Jawab Seluruh Pertanyaan
Diskusi Dialektika Demokrasi Membahas Capim KPK
Usai Tes Capim KPK, Laode Pesimis Bakal Terpilih Kembali

(mdk/gil)