Antisipasi Arus Balik, Polri Siapkan 109 Pos Penyekatan Menuju Jabodetabek

Antisipasi Arus Balik, Polri Siapkan 109 Pos Penyekatan Menuju Jabodetabek
Tes Swab Gratis Peserta UTBK SBMPTN 2021. ©2021 Merdeka.com/Iqbal S Nugroho
PERISTIWA | 15 Mei 2021 15:18 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) menyiapkan 109 titik check point untuk memeriksa seluruh pengendara yang memasuki wilayah Jabodetabek.

Kakorlantas Polri, Irjen Pol Istiono mengatakan, pemudik yang kembali ke kediamannya wajib membawa surat swab antigen atau PCR Swab test. Bagi yang tidak membawa surat bebas Covid-19, akan dilakukan random check di lokasi yang ditentukan.

“Polri bersama Satgas Covid-19 nasional dan daerah telah menyiapkan 109 titik check point, 26 di Rest area dan gate tol dan 83 di titik jalur arteri jalan nasional, dari jawa dan Sumatera menuju Jakarta,” katanya dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (15/5).

Dia memberikan perhatian khusus pada wilayah Sumatera mengingat kasus konfirmasi positif Covid-19 di wilayah Sumatera mengalami kenaikan.

“Untuk wilayah Sumatera (Aceh sampai Lampung) merupakan wilayah atensi Covid-19 oleh karenanya sebelum melakukan penyeberangan harus dilengkapi surat bebas Covid-19,” ujar dia.

Karena itu, pada posko check point juga disediakan rapid test antigen secara random yang dilaksanakan mulai hari ini. Adapun bila hasil random swab antigen menunjukkan positif akan dirujuk ke RS terdekat guna penanganan lebih lanjut.

“Bila hasil random test menunjukan positif langsung dirujuk RS terdekat yang sudah ditunjuk,” terang Istiono.

Dia meminta seluruh jajarannya untuk melakukan pengawasan serta berkoordinasi dengan instansi terkait. Segala dinamika di lapangan diminta diambil keputusan dengan cepat dan tepat.

“Terus dilakukan pengawasan dan pengendalian terus menerus serta koordinasi dengan instansi terkait untuk antisipasi dinamika di lapangan yang setiap saat bisa berubah,” ungkapnya.

Sebelumnya, Istiono mengatakan puncak arus balik lebaran 2021 terjadi pada akhir pekan ini. Diprediksi jumlah pemudik yang kembali ke wilayah Jabodetabek sekira 1,5 juta orang. Data itu merujuk dari dari Kementerian Perhubungan.

Reporter: Ady Anugrahadi
Sumber: Liputan6.com (mdk/fik)

Baca juga:
KAI Layani 48.810 Penumpang Nonmudik Selama Masa Pelarangan Mudik 2021
9 Hari Operasi Ketupat, 21.700 Kendaraan Diputarbalik dari Jatim, DIY dan Jabar
Menhub Sebut 1,5 Juta Orang Nekat Mudik pada Lebaran 2021
Puncak Arus Balik Lebaran, Truk Bersumbu Dilarang Lewat Tol dari Semarang-Jakarta
Gubernur Edy Rahmayadi Perintahkan 10 Kabupaten di Sumut Perketat Pos Penyekatan

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami