Antisipasi Bom Surat, Tim Gegana Evakuasi Benda Mencurigakan di Kebayoran Baru

Antisipasi Bom Surat, Tim Gegana Evakuasi Benda Mencurigakan di Kebayoran Baru
Benda mencurigakan di Halte Melawai. ©2021 Merdeka.com
NEWS | 2 April 2021 21:52 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Tim Penjinak Polda Metro Jaya sudah memeriksa benda mencurigakan di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, pada Jumat (2/4) malam. Dari hasil pengecekan sementara, benda yang ditemukan di halte depan Gereja Protestan Indonesia Bagian Barat (GPIB) Effatha itu diduga bukan bom.

Komandan Satuan Brimob Polda Metro Jaya Kombes Pol Gatot Mangkurat menjelaskan, pihaknya telah meneliti benda tersebut menggunakan metode elektrik. Sejauh ini tidak ditemukan rangkaian kabel di dalam benda mencurigakan itu.

"Kami tadi melakukan observasi singkat secara elektrik, ternyata tidak ditemukan rangkaian bom," kata dia di lokasi.

Gatot mengatakan, saat ini benda mencurigakan itu telah dibawa ke Markas Gegana Polda Metro Jaya untuk dipelajari lebih lanjut. "Kita masih mencurigai, dikhawatirkan nanti bentuk letter bom (bom surat) makanya kita akan bawa ke markas Gegana, akan kita cek di sana," ujar dia.

Sementara itu Kapolres Metro Jakarta Selatan Kombes Pol Azis Ardiansyah menjelaskan, benda mencurigakan diduga diletakkan seseorang di sebuah halte pada pukul 19.00 WIB. Pihaknya kemudian mengambil tindakan dengan melakukan sterilisasi di sekitar lokasi.

"Sesuai SOP di kepolisian bahwa jika ditemukan benda-benda mencurigakan yang diduga sebuah bom atau bahan peledak, kita segera melakukan status quo, membuat perimeter untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat, sekaligus guna untuk kelangsungan tindakan pengamanan terhadap benda tersebut," ujar dia.

Sementara pada sisi lain, Tim Gegana Polda Metro Jaya melakukan pengecekan. "Saat ini sudah ditangani oleh tim jibom dan digeser dari lokasi semula di Tempat Kejadian Perkara, dibawa tim Jibom untuk diperiksa lebih lanjut," ujar dia.

Reporter: Ady Anugrahadi (Liputan6.com)

Baca juga:
Polisi Pastikan Benda Mencurigakan di Kebayoran Baru Tak Mengandung Logam
Benda Mencurigakan di Halte Melawai, Gegana Datangi Lokasi
Paket Mencurigakan Ditemukan di Makassar, Setelah Dibongkar Berisi Bohlam
Polisi Pastikan Barang Mencurigakan di Cipinang Bom Palsu
Polisi: Benda Diduga Bom Palsu Ditemukan di Depan Rumah Ketua KAMI Ahmad Yani

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami