Antisipasi demo angkot, Pemkot Bandung siapkan ratusan armada pengganti

Antisipasi demo angkot, Pemkot Bandung siapkan ratusan armada pengganti
PERISTIWA | 8 Mei 2018 05:02 Reporter : Dian Rosadi

Merdeka.com - Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bandung melakukan langkah antisipasi untuk menghadapi aksi unjuk rasa dan mogok massal yang dkan dilakukan oleh Wadah Aliansi Aspirasi Transportasi (WAAT) Jawa Barat, Selasa 8 Mei besok. Ratusan armada disiapkan sebagai sarana transportasi umum untuk mengangkut masyarakat yang terkena dampak dari aksi mogok tersebut.

Kepala Dishub Kota Bandung Didi Ruswandi mengatakan, bus Trans Metro Bandung (TMB), bus Damri, bus buruh dan bus sekolah tetap beroperasi seperti biasa. Masyarakat dapat menggunakan armada tersebut seperti sekolah jika ada aksi mogok dan unjuk rasa.

"Cadangan kita punya 19 bus akan dioperasikan di 10 lokasi. Ada tambahan 20 total Dishub 60 bus ditambah AKDP Damri sekitar 220 bus," katanya kepada wartawan, Senin (7/5).

Menurutnya, jumlah armada akan ditambah dari mobil dinas dari aparat kewilayahan. Mobil dari kecamatan akan dikerahkan jika memang terjadi penumpukan penumpang.

"Mobil kecamatan nanti mobile. Camat-camat di wilayahnya keliling dan karena ini sudah ketiga kali protap sudah berjalan," ujarnya.

Tak hanya itu, Dishub juga menggalang bantuan dari masyarakat umum. Warga yang memiliki kendaraan bisa membantu memberikan tumpangan kepada warga lainnya.

"Yang sudah terdaftar dari Bandung transport volunteer sudah seratus unit, antara motor dan mobil. Di luar itu ada sepanjang jalan menyiapkan diri para netizen Jabar, belum sampaikan jumlah berapa tapi siap mengakomodir, khususnya di jam sibuk pagi dan sore," ungkapnya.

Pjs Wali Kota Bandung Muhamad Solihin meminta masyarakat untuk tetap tenang dan tidak khawatir dengan adanya aksi unjuk rasa dan aksi mogok.

"Kami tetap siapkan untuk antisipasi. Dan diimbau warga agar tetap tenang karena‎ kami sudah melakukan antisipasi," pungkasnya. (mdk/fik)

Baca juga:
Tuntut realisasi Permenhub, besok ribuan sopir di Bandung gelar demo
Diduga korsleting, angkot terbakar di Jalan Raya Bogor
Jalan Jatibaru tak kunjung dibuka, sopir angkot somasi Anies Baswedan
Tolak angkutan online, sopir angkot di Samarinda demo dua hari & nginap di jalan
Tolak taksi online angkot Cilegon mogok operasi
Sopir angkot mogok, Yuni pulang ke rumah jalan kaki 5 km sambil gendong anak

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami