Antisipasi Gunung Raung Erupsi, Polres Bondowoso Cek Jalur Evakuasi dan Pengungsian

Antisipasi Gunung Raung Erupsi, Polres Bondowoso Cek Jalur Evakuasi dan Pengungsian
Polres Bondowoso Cek Jalur Evakuasi di kawasan Gunung Raung. ©2021 Humas Polres Bondowoso
PERISTIWA | 27 Januari 2021 00:30 Reporter : Muhammad Permana

Merdeka.com - Polres Bondowoso beserta instansi terkait telah memetakan peta jalur evakuasi untuk tiga dusun yang ada di sekitar kawasan Gunung Raung. Langkah ini dilakukan untuk mengantisipasi kemungkinan erupsi Gunung Raung menyusul peningkatan aktivitas vulkanologi gunung berapi tersebut.

"Kita sudah mendata jumlah warga beserta pemukiman dan ternak mereka. Kesiapan fasilitas umum serta jarak ke puncak Raung juga sudah kita petakan sehingga jika sewaktu-waktu dibutuhkan evakuasi, akan lebih cepat," ujar Kapolres Bondowoso AKBP Erick Frendriz usai meninjau jalur evakuasi yang ada di tiga dusun, Selasa (26/1).

Peninjauan dilakukan Erick bersama Sekretaris Camat Sumber Wringin Dwi Purnomo. Tiga dusun di Bondowoso yang berada di kawasan Gunung Raunng itu adalah yakni Dusun Sipanas, dan Dusun Tol Tol di Desa Rejoagung. Kemudian, Dusun Sumber Legan, Desa Sumber Wringin. Semuanya masuk dalam Kecamatan Wringin.

Dusun Tol Tol juga merupakan salah satu dusun paling terpencil di Bondowoso. Akses jalan penghubung keluar dusun di Dusun Tol Tol terbilang cukup sulit, terutama ketika musim penghujan.

"Lokasinya sangat dekat dengan Gunung Raung, kita mesti memiliki rencana," tutur Erick.

Adapun tempat evakuasi yang telah disiapkan yakni Jalur Simpang 3 Plampang, SMP Negeri 2 Wringin, Balai Desa Rejoagung, dan Balai Desa Sukorejo.

"Kita antisipasi evakuasi, berkoordinasi dengan instansi terkait seperti TNI, BPBD, petugas medis dan unsur lain di Pemkab Bondowoso. "Persiapan harus sudah dilakukan untuk antisipasi apabila sewaktu-waktu terjadi erupsi Gunung Api Raung," tegas Erick.

Sebelumnya, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Kementerian ESDM telah meningkatkan status Gunung Raung menjadi level Waspada, sejak Kamis (21/01/2021). Hal ini dilakukan ini menyusul erupsi dengan embusan gas berwarna kelabu.

Karena itu, masyarakat dimintai untuk menjauhi kawasan radius 2 kilometer dari pusat kawah gunung berapi yang melintasi wilayah Jember, Banyuwangi dan Bondowoso itu.

Status Gunung Raung sebelumnya sempat berada di level waspada dalam kurun waktu yang cukup lama. Yakni sejak Juni 2020 dan berakhir pada 27 November 2020. (mdk/bal)

Baca juga:
Kabar Terbaru Gunung Raung Setelah Erupsi, Naik Level Jadi Waspada
Gunung Raung Mulai Normal, Pendaki Boleh Naik Tapi Dilarang Menginap
Punya Jalur Pendakian Menantang, Ini Sederet Fakta Gunung Raung yang Jarang Diketahui
Gunung Raung Erupsi Kecil, Pendakian Diimbau Ditunda
Jalur Pendakian Gunung Paling Ekstrem di Indonesia, Kanan Kiri Jurang
Delapan pendaki tersesat Gunung Raung ditemukan selamat

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

TOPIK TERKAIT

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami