Antisipasi Lonjakan Omicron, IDI Saran Peningkatan Level PPKM Harus Direncanakan

Antisipasi Lonjakan Omicron, IDI Saran Peningkatan Level PPKM Harus Direncanakan
IDI Usul Peningkatan Level PPKM Hadapi Omicron. ©2022 Liputan6.com/Faizal Fanani
NEWS | 15 Januari 2022 13:37 Reporter : Muhammad Genantan Saputra

Merdeka.com - Ketua Umum Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dr. Daeng M Faqih mendorong pemerintah mulai merencanakan peningkatan level PPKM untuk mengantisipasi gelombang Omicron. Pasalnya, penularan virus tersebut sangat cepat.

"Peningkatan level PPKM itu harus mulai direncanakan pemerintah untuk membatasi mobilitas, kalau tidak nanti meskipun ini ringan kecepatan penularannya tinggi dan mobilitas faktor yang mendorong penularan akan lebih cepat," katanya dalam diskusi polemik trijaya 'bersiap hadapi gelombang omicron', Sabtu (15/1).

Menurutnya, mobilitas yang tinggi membuat Omicron semakin mudah menjalar. Masyarakat usia produktif maupun lansia pun bakal cepat terpapar akibat mobilitas yang tinggi tersebut.

"Sebenarnya kalau usia (produktif) begitu dari segi daya tahan tubuh tidak lebih jelek dari lansia komorbid, itu lebih ke arah mobilitasnya memang tinggi," kata dia.

"Oleh karena itu sudah mulai di atur pengaturan dari leveling PPKM yang pemerintah sudah memiliki jurus-jurus itu," sambungnya.

Lebih jauh, Daeng meminta pintu masuk dari luar negeri di perketat karena varian Omicron merupakan imported case seperti Delta. Dari data di Indonesia, 75 persen kasus Omicron berasal dari PPLN.

"Ini mengisyaratkan bahwa memang dan sebaiknya tetap kita perketat itu yang dari luar kalau enggak nanti volumenya nambah lagi, meski sekarang sudah transmisi lokal, tapi kalau volume yang dari luar lebih banyak itu lebih masif, harus diperketat itu," paparnya. (mdk/ray)

Baca juga:
Penyesuaian Operasional Transjakarta di Masa PPKM Level 2
Jokowi Gelar Rapat Terbatas Terkait Evaluasi PPKM Bersama Para Menteri
DKI PPKM Level 2, Pengusaha Mal Harap Tak Ada Pengurangan Jam Operasional
Di Tengah Ancaman Omicron, Warga Ramai Kunjungi Taman Puring
Kota Tangsel dan Kabupaten Tangerang Berstatus PPKM Level 2

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami