Antisipasi MERS, jemaah haji dan umrah di Palembang divaksin

PERISTIWA | 12 Mei 2014 14:25 Reporter : Fariz Fardianto

Merdeka.com - Jemaah umrah dan haji asal Kota Palembang Sumatera Selatan, diwajibkan melakukan vaksin influenza guna mengantisipasi terserang virus MERS-CoV ketika beribadah di Tanah Suci. Tarif vaksin influenza ini seharga Rp 170.000 per orang.

"Setiap KBIH telah mewajibkan jemaah umrah dan haji melengkapi vaksin influenza sebelum berangkat menjalankan ibadah umrah dan rukun Islam kelima," kata Kepala Dinas Kesehatan Palembang Anton Suwindro, seperti dikutip dari Antara, Senin (12/5).

Anton menjelaskan, bahwa selama ini peserta umrah dan haji hanya diwajibkan melakukan vaksin meningitis. Namun, sejak merebaknya penyebaran virus yang dikenal dengan flu Arab itu, sebelum berangkat peserta umrah dan haji wajib divaksin influenza.

Meskipun belum ada instruksi dari kementerian kesehatan, dia menambahkan, KBIH telah mewajibkan jemaah melakukan vaksin influenza. Hal itu, menjadi salah satu upaya menghindari serangan flu yang disebarkan virus berasal dari Timur Tengah.

Anton mengatakan, bahwa setiap peserta umrah dan haji yang akan berangkat diwajibkan vaksin influenza dengan tarif Rp 170.000 per orang. "Dengan vaksin tersebut pihaknya optimistis akan mengantisipasi serangan virus MERS-CoV," kata Anton.

Anton menambahkan bahwa pihaknya juga telah menyiagakan tim penanganan medis terkait dengan suspect flu Arab itu. Pengawasan terhadap warga yang terkena suspect MERS-CoV akan dilaksanakan secara intensif.

Baca juga:

5 Orang yang diduga terjangkit MERS dirawat di RSUD Padang

RSHS Bandung rawat bocah dua tahun diduga suspect MERS

Wabah MERS, Saudi ingatkan warga pakai masker saat sentuh unta

Pulang umroh, warga Cianjur diduga terjangkit virus MERS

Saudi laporkan tujuh kematian baru akibat MERS

(mdk/hhw)

TOPIK TERKAIT