Antisipasi Penyebaran Corona, Penumpang Luar Negeri Diperiksa di Bandara El Tari

PERISTIWA | 28 Januari 2020 02:33 Reporter : Ananias Petrus

Merdeka.com - Mengantisipasi penyebaran virus Corona di wilayah Nusa Tenggara Timur, penumpang pesawat rute internasional yang tiba di Bandara El Tari Kupang diperiksa menggunakan alat pendeteksi suhu tubuh, Senin (27/1).

Puluhan penumpang pesawat Trans Nusa rute Dili, Timor Leste-Kupang diperiksa menggunakan alat pendeteksi suhu tubuh (termal scaner), yang terpasang di terminal kedatangan internasional.

Koordinator Wilayah Pos Bandara El Tari Kantor Kesehatan Pelabuhan Kupang, Dr. Fani Djubida kepada wartawan menjelaskan, alat pendeteksi suhu tubuh manusia telah terpasang di terminal kedatangan internasional sejak 2017.

"Karena adanya virus Corona, alat pendeteksi suhu tubuh ini digunakan untuk mengukur, jika ditemukan penumpang dengan suhu lebih dari 38 derajat, maka kami akan melakukan pemeriksaan lebih lanjut dan mewawancarai yang bersangkutan di ruang isolasi, yang telah disediakan di bandara," terangnya.

Walau belum ditemukan penumpang pesawat internasional yang terdeteksi virus Corona, namun pihaknya bersama Angkasa Pura akan tetap mengantisipasi dengan pemeriksaan rutin.

"Hingga saat ini belum ditemukan adanya penumpang yang terdeteksi virus Corona, dengan salah satu ciri utama yakni suhu tubuh lebih dari 38 derajat. Alat ini bisa deteksi barang bawaan penumpang seperti handphone, maupun gagang koper sehingga kita akan hati-hati untuk melakukan pendeteksian," ungkap Fani.

Shared Services & CSR Manager PT Angkasa Pura I Bandara El Tari Kupang, Dadang Jaka Ruliawan mengatakan telah menyiapkan ruang isolasi, untuk dilakukan pemeriksaan lanjutan terhadap penumpang pesawat yang terpapar Corona. (mdk/cob)

Baca juga:
6 Mahasiswa Asal Riau Terisolasi di Wuhan, Pemprov Siapkan Langkah Pemulangan
Cegah Penyebaran Virus Corona, Kementan Perketat Impor Buah dan Sayur-sayuran
Berlibur ke Cilacap, Anak TKA Asal China Mengalami Gejala seperti Corona
Benarkah Pemerintah China Tutupi Angka Sebenarnya Korban Virus Corona?
Negatif Corona, Pramugari yang Pulang dari China hanya Flu Biasa
Melihat Cara Cepat China Bangun Rumah Sakit Pasien Virus Corona di Wuhan

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.