Aparat Keamanan Buru KKB, Situasi di Distrik Beoga Berangsur Kondusif

Aparat Keamanan Buru KKB, Situasi di Distrik Beoga Berangsur Kondusif
Aparat TNI Polri sisir KKB di Beoga Papua. ©2021 Merdeka.com
PERISTIWA | 16 April 2021 08:00 Reporter : Yan Muhardiansyah

Merdeka.com - Ratusan aparat gabungan Satgas Nemangkawi TNI/Polri mulai mengendalikan situasi kamtibmas di Distrik Beoga, Kabupaten Puncak, Papua, setelah gerombolan kelompok kriminal bersenjata (KKB) menebar teror di kawasan itu dalam sepekan terakhir.

Kasatgas Humas Ops Nemangkawi Kombes Pol Iqbal Al Qudusy mengatakan, situasi kamtibmas di Beoga Puncak telah berangsur kondusif. Pemulihan situasi dilamukan aparat gabungan Satgas Ops Nemangkawi TNI-Polri dipimpin langsung Kaops Nemangkawi Polri Brigjen Pol Rocyke Harry Langie dan Kaops Nemangkawi TNI Brigjen Tri Budi Utomo.

"Puji Syukur situasi kamtibmas masyarakat Boega berangsur kondusif, beberapa titik di wilayah Boega telah dikuasai TNI/Polri," kata Iqbal saat dikonfirmasi dari Jayapura, Jumat (16/4).

Sebelumnya, serangkaian tindak kriminal dilakukan KKB di wilayah Distrik Boega Kabupaten Puncak. Mereka membakar sekolah dan helikopter serta menembak tiga masyarakat sipil.

Iqbal menegaskan, pergeseran pasukan Ops Nemangkawi TNI/Polri ke wilayah Boega Puncak sudah tiga hari dilakukan. Tak hanya itu, pasukan Ops Nemangkawi TNI/Polri yang berada di Distrik Ilaga juga melakukan penyisiran Kelompok KKB dari arah Ilaga menuju Beoga.

Dia berharap masyarakat untuk tetap tenang karena aparat keamanan TNI/Polri yang tergabung dalam Ops Nemangkawi TNI/Polri akan terus menjaga dan melindungi masyarakat di wilayah Boega dan sekitarnya.

"Percayakan kepada aparat keamanan untuk terus berusaha untuk ciptakan situasi kondusif. Selain pengejaran kelompok KKB yang melakukan tindakan kriminal pembakaran fasilitas sekolah, penembakan dua guru dan satu tukang ojek. Cepat atau lambat kelompok kriminal ini pasti tertangkap," tegas Iqbal seperti dilansir Antara. (mdk/yan)

Baca juga:false
Buntut Penembakan 2 Guru, 40 Warga Dievakuasi dari Beoga ke Timika Papua
Kapolda Tegaskan Penegakan Hukum Terhadap KKB di Beoga Papua Segera Dilakukan
Jenazah Tukang Ojek Korban KKB di Puncak Papua Akan Dibawa ke Makassar
27 Warga Beoga Dievakuasi ke Timika dengan Tiga Pesawat
Daftar Aksi Barbar Kelompok Kriminal Bersenjata di Papua, Harus Dihentikan!
Kondisi Wanita Ketakutan Sembunyi di Rumah, Terdengar Baku Tembak OPM dengan Aparat
Hilangkan Trauma Usai Penembakan KKB, Guru dan Suster di Beoga Dievakuasi ke Timika

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami