Arsipkan Lagu Lawas Indonesia, Kemendikbud Buat Digitalisasi Musik

Arsipkan Lagu Lawas Indonesia, Kemendikbud Buat Digitalisasi Musik
PERISTIWA | 10 Agustus 2020 10:00 Reporter : Intan Umbari Prihatin

Merdeka.com - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direktorat Perfilman, Musik, dan Media Baru bekerja sama dengan Irama Nusantara meluncurkan Digitalisasi Musik. Hal tersebut bertujuan untuk menyelamatkan lagu dan musik di masa lalu.

Direktur Jenderal Kebudayaan Kemendikbud, Hilmar Farid menjelaskan proses digitalisasi, karya musik lawas didokumentasikan dengan rapi mulai judul, penyanyi, pencipta, tahun, label produksi serta data lain.

Dia juga menjelaskan kegiatan tersebut juga sejalan dengan Undang-Undang Nomor 5 tahun 2017 tentang Pemajuan Kebudayaan yang mengamanatkan terbentuknya sistem pendataan kebudayaan terpadu.

"Pendataan seluruh informasi yang berkaitan dengan karya musik harus mendapatkan perhatian yang serius, yaitu dikelola secara sistematis mencakup identifikasi, pengumpulan, pengelolaan (digitalisasi, restorasi), penyimpanan (katalogisasi), dan pelayanan/publikasi," kata Hilmar dalam keterangan pers, Senin (10/8).

Hilmar menjelaskan data yang akan dikumpulkan diharapkan dapat menjadi rujukan informasi dan sumber pengetahuan bagi seluruh pecinta musik dan masyarakat Indonesia secara umum.Menurut dia dengan mengenali arsip atau dokumentasi warisan budaya dapat sekaligus mengetahui jejak perjalanan bangsa dan dapat menumbuhkan kebanggaan terhadap karya budaya bangsa dan cinta tanah air.

"Ini salah satu mimpi besar kita yang sudah sering didiskusikan dalam waktu yang cukup lama. Saya kira, kita perlu mulai memikirkan secara lebih serius karena arsip ini kelihatannya susah-susah gampang," kata Hilmar.

Dia menjelaskan upaya tersebut adalah bentuk untuk membangun rasa ketertarikan dan apresiasi masyarakat pada musik populer Indonesia. Nantinya kapa dia akan menumbuhkan wawasan dan kecintaan terhadap karya budaya bangsa. Pada tahun ini target digitalisasi musik sekitar 1.000 rilis.

"Arsip dengan basis data yang sudah dimiliki sehingga informasi mengenai musik populer Indonesia dapat meluaskan dan memudahkan akses masyarakat Indonesia serta warga dunia," ungkap Hilmar. (mdk/bal)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami