Artidjo vonis dua mantan anggota DPRD Bengkalis 9 tahun penjara

Artidjo vonis dua mantan anggota DPRD Bengkalis 9 tahun penjara
PERISTIWA | 1 Agustus 2017 19:12 Reporter : Abdullah Sani

Merdeka.com - Dua mantan anggota DPRD Bengkalis Hidayat Tagor dan Rismayeni, dijatuhi hukuman 9 tahun penjara oleh Mahkamah Agung. Keduanya terlibat kasus dugaan korupsi dana bantuan sosial APBD Bengkalis. Kasasi yang dijatuhi hakim agung ini lebih tinggi dibanding vonis Pengadilan Negeri Pekanbaru yang sebelumnya hanya menjatuhkan hukuman 2 tahun penjara.

Panitera Muda (Panmud) Pengadilan Negeri Pekanbaru, Denni Sembiring sudah menerima salinan putusan dari Mahkamah Agung.

"Berdasarkan salinan putusan MA nomor 538 K/Pid.Sus/2017 atas nama terdakwa Hidayat Tagor dan Rismayeni. Hukumannya menjadi 9 tahun penjara," ujar Denni di Pekanbaru, Selasa (1/8).

Putusan kasasi itu dijatuhkan majelis hakim MA yang diketuai Artidjo Alkostar MH LLM. Selain hukuman penjara, keduanya juga dibebankan hukuman denda sebesar Rp 200 juta atau subsider 6 bulan.

Hakim agung menilai, kedua terdakwa terbukti melanggar pasal 2 ayat Undang-undang Nomor 20 Tahun 2001 tentang pemberantasan tindak pidana korupsi juncto Pasal 55 KUHP.

Putusan kasasi juga sudah turun atas dua terdakwa lainnya di kasus yang sama yakni Purboyo dan M Tarmizi. Hukuman keduanya juga diperberat dari sebelumnya 2 tahun menjadi 9 tahun. Mereka yang juga mantan anggota DPRD Bengkalis itu dibebankan denda Rp 200 juta subsider 6 bulan.

Melambungnya putusan keempatnya setelah Kejaksaan Negeri Bengkalis mengajukan kasasi ke MA. Jaksa merasa tidak puas atas vonis Pengadilan Tinggi Riau yang menguatkan putusan Pengadilan Tipikor pada Pengadilan Negeri Pekanbaru.

Putusan Pengadilan Negeri Pekanbaru ini jauh lebih ringan dari tuntutan jaksa Kejari Bengkalis, yang menuntut keempat terdakwa tersebut dengan pidana penjara selama 8 tahun. (mdk/noe)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami