Arus Balik Lebaran, Astra Tol Cipali Catat Penurunan Arus Kendaraan 65 Persen

Arus Balik Lebaran, Astra Tol Cipali Catat Penurunan Arus Kendaraan 65 Persen
Kepadatan arus balik di Tol Cipali. ©Liputan6.com/Immanuel Antonius
PERISTIWA | 15 Mei 2021 13:54 Reporter : Bachtiarudin Alam

Merdeka.com - Memasuki arus balik lebaran tahun 2021, lalu lintas di Tol Cipali masih terpantau lenggang, baik yang menuju Palimanan maupun Jakarta. Tercatat total kendaraan yang melintas pada hari Jumat, 14 Mei 2021 sebesar 11 ribu kendaraan.

"Total volume kendaraan yang melintas di Tol Cipali di hari yang sama sebesar 11 ribu kendaraan. Data yang tercatat tersebut dibandingkan dengan lalu lintas harian normal pada periode yang sama mengalami penurunan 65 persen," kata General Manager Operation ASTRA Tol Cipali, Suyitno dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (15/5).

Dia mengungkapkan, pihaknya tetap berupaya memberikan pelayanan yang maksimal kepada pengguna jalan yang melintas di Gerbang Tol Palimanan. Salah satunya dengan mengoptimalkan 6 gardu exit dan 6 gardu entrance.

"Adapun optimalisasi gardu di Gerbang Tol Palimanan masih akan terjadi penambahan apabila kondisi lalu lintas pada arus balik dan arus wisata mengalami peningkatan," ujarnya.

Mengantisipasi terjadinya lonjakan pada arus balik, Suyitno menjelaskan, pihaknya memaksimalkan sejumlah armada layanan lalu lintas yang terdiri dari 12 unit mobil Patroli, 5 ambulance, 12 derek, 2 unit mobil rescue dan 6 unit kendaraan PJR yang bersinergi dengan Kepolisian wilayah.

"Fasilitas pendukung seperti Variable Message Sign (VMS) dan Spanduk yang tersebar di sepanjang Tol Cipali yang selalu update dalam memberikan informasi arus lalu lintas terkini di Tol Cipali," terangnya.

ASTRA Tol Cipali mengimbau kepada para pengguna jalan untuk tetap berhati-hati dalam berkendara. Tetap patuhi rambu-rambu keselamatan yang tersebar di sepanjang Tol Cipali. Patuhi batas kecepatan maksimum 100 km/jam, batas kecepatan minimum 60 km/jam dan batas kecepatan maksimum dalam kondisi hujan 70 Km/jam.

Selalu pastikan kondisi fisik dan kendaraan anda prima. Periksa tekanan angin ban kendaraan anda sebelum melakukan perjalanan. Pastikan uang elektronik anda selalu terisi dengan cukup dan bertransaksi lah menggunakan uang elektronik di gerbang masuk dan gerbang keluar demi kenyamanan bersama.

"ASTRA Tol Cipali juga mengimbau selalu patuhi protokol kesehatan bagi para wisatawan dengan rajin mencuci tangan di air yang mengalir, menggunakan masker dan menjauhi kerumunan apabila akan berwisata di sejumlah wilayah di Tol Cipali," tutup Suyitno. (mdk/fik)

Baca juga:
Arus Balik Lebaran, Menhub Wajibkan Pengguna Jalan Tol Bawa Hasil Rapid Test Antigen
Satgas Covid-19 Prediksi 440.014 Orang dari Sumatera Kembali ke Jawa Bersamaan
Tempat Wisata Ramai, Pemda Diimbau Perhatikan Kapasitas Pengunjung
Gubernur Edy Rahmayadi Perintahkan 10 Kabupaten di Sumut Perketat Pos Penyekatan
Pemerintah Siapkan 21 Titik Random Test Covid-19, Ini Rincian Lokasinya
Pemkot Gandeng Satgas RT/RW Awasi Pemudik Balik ke Tangerang

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami