Arus Balik Mudik, Polres Depok Berlakukan Tes Antigen Cegah Covid-19

Arus Balik Mudik, Polres Depok Berlakukan Tes Antigen Cegah Covid-19
Pengelola dan Pengunjung Warkop di Aceh Dites Antigen. ©2021 Merdeka.com
PERISTIWA | 15 Mei 2021 12:06 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Polres Metro Depok telah mengantisipasi dan membuat mekanisme untuk mencegah penularan Covid-19 pada arus balik mudik Lebaran 2021 di Kota Depok, Jawa Barat (Jabar). Rencananya, Polres Metro Depok akan menyiapkan ribuan tes antigen yang akan ditempatkan di tiap titik check point.

Kasat Lantas Polres Metro Depok, AKBP Andi Muhammad Indra Waspada mengatakan, arus balik diprediksi akan terjadi pada hari ini, Sabtu (15/5) dan Minggu 16 Mei 2021. Untuk mencegah penularan Covid-19, pihaknya akan memberlakukan rapid test antigen.

"Untuk memastikan tidak ada penularan, pemudik akan kami rapid test antigen di tiap check point," katanya di Depok, Sabtu (15/5).

Dia menjelaskan, Polres Metro Depok telah menyiapkan sekitar 3.500 rapid tes antigen yang akan digunakan. Namun jumlah tersebut akan ditambah sesuai kondisi di lapangan. Nantinya, pemudik yang kedapatan menunjukkan reaktif akan dilanjutkan penanganan untuk memastikan tertular atau tidak.

"Apabila ada pemudik yang reaktif akan dilakukan penanganan selanjutnya," terangnya.

Andi mengungkapkan, untuk titik pos check point yakni SPBU Cilangkap atau perbatasan dengan Cibinong, Bogor, akan disiapkan 1.000 rapid antigen. Jumlah tersebut dengan asumsi yang diperiksa per hari 200 orang selama lima hari.

"Perum BSI perbatasan dengan Parung, Kabupaten Bogor, jumlah rapid antigen yang diperlukan sekitar 1.000 orang,," ucap dia.

Tidak hanya itu, lanjut Andi, gerbang tol Kukusan yang merupakan keluar masuk Tol Cijago akan dilakukan pemeriksaan untuk 500 orang.

Gerbang tol akses keluar masuk tol Desari disiapkan 500 rapid antigen, dan gerbang tol Cisalak disiapkan 500 rapid antigen.

"Pemeriksaan akan dilakukan secara acak kepada pemudik yang memasuki Kota Depok," pungkas Andi.

Reporter: Dicky Agung Prihanto
Sumber: Liputan6.com (mdk/fik)

Baca juga:
Menhub Prediksi Puncak Arus Balik Tanggal 16 dan 20 Mei 2021
Arus Balik, Pemprov Saring Acak Kendaraan Pribadi & Umum di Pintu Masuk Jakarta
KAI Catat Penjualan Tiket Arus Balik Lebaran 2021 Capai 23.470
Antisipasi Arus Balik Mudik, Polda Lampung Bangun Tiga Pos Pemeriksaan
Anies Baswedan: Pemprov DKI Tak Melarang Warganya Kembali
Jalan Tol Layang Syeikh Mohamed Bin Zayed Kembali Dibuka Mulai Malam Ini

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami