Bahagia Dilantik Jadi Menkes, Dokter Terawan Janji Atasi Stunting

PERISTIWA | 23 Oktober 2019 15:29 Reporter : Supriatin

Merdeka.com - Mantan Kepala RSPAD Gatot Soebroto, Terawan Agus Putranto, mengaku bahagia telah dilantik menjadi Menteri Kesehatan oleh Presiden Joko Widodo di Istana Negara Jakarta. Dia bersyukur dipercaya untuk membenahi persoalan kesehatan di Indonesia.

"Ya bahagia lah, boleh diberikan tanggung jawab, amanah untuk bekerja," katanya di Istana Negara Jakarta, Rabu (23/10).

Terawan memiliki program prioritas yang bisa diterapkan di Kementerian Kesehatan. Program tersebut sejalan dengan program prioritas Jokowi lima tahun ke depan, yakni membangun sumber daya manusia (SDM).

Dia memberikan bocoran program prioritas apa saja yang bakal dijalankan di Kementerian Kesehatan. Di antaranya penanganan stunting dan pembenahan BPJS Kesehatan.

"Kalau di bidang kesehatan ya masalah stunting, BPJS, masalah pelayanan preventif dan promotif. Itu yang harus dimajukan, dan banyak hal yang sekiranya bisa mendukung visi SDM bisa tercapai," jelas Terawan.

Khusus soal BPJS Kesehatan, Terawan segera meminta masukan sejumlah pihak terkait sebelum mengambil keputusan. Dia memastikan, keputusan tersebut solusi terbaik yang tidak memberatkan masyarakat dan negara.

Sementara untuk penanganan stunting, Terawan akan mendatangi masing-masing daerah guna mengecek akar persoalan kekurangan gizi. Dokter yang dikenal dengan metode penyembuhan 'cuci otak' ini yakin setiap daerah memiliki cara tersendiri untuk menyelesaikan kasus stunting.

"Harus dicek, karena tiap daerah punya keunikan untuk mengatasinya," kata Terawan. (mdk/lia)

Baca juga:
Dilantik Jadi Menteri Kesehatan, Terawan Agus Segera Mundur dari TNI
Ini Para Jenderal TNI dan Polri yang Jadi Menteri Jokowi
Dipercaya Jadi Menkes, Dokter Terawan Diminta Jokowi Urus Stunting Hingga BPJS
Senyum Dokter Terawan Seusai Bertemu Jokowi di Istana
Jokowi Tunjuk Dokter Terawan jadi Menkes
Dikabarkan Jadi Menteri Kesehatan, Dokter Terawan Dipanggil Jokowi
Dokter Kepresidenan Sebut Kondisi Ani Yudhoyono Sempat Membaik Lalu Drop

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.