Bahtiar Effendy akan Dimakamkan di Depok Setelah Zuhur

PERISTIWA | 21 November 2019 08:47 Reporter : Fikri Faqih

Merdeka.com - Mantan Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah Din Syamsuddin mengungkapkan almarhum Bahtiar Effendy akan dimakamkan di Depok. Rencananya pemakaman akan dilakukan setelah Salat Zuhur.

"Akan dimakamkan setelah Zuhur di pemakaman dekat rumahnya di Depok," katanya seperti dilansir dari Antara, Kamis (21/11).

Kabar duka tersebut, dia mengungkapkan, diterima dari putri Bahtiar Effendy, Atia Ajani. Ketua PP Muhammadiyah itu meninggal dunia pada sekitar pukul 00.00 dini hari pada 21 November 2019.

"Inna Lillahi wa inna ilaihi raji'un. Saudara, sahabat, guru kira Prof. Dr. Bahtiar Effendy (Ketua PP Muhammadiyah) telah berpulang ke Rahmatullah sekitar pukul 00.00 (dini hari, 21 November 2019)," ujarnya.

Din menyebutkan pria kelahiran 10 Desember 1958 asal Ambarawa itu meninggal saat berada di ICU RSIJ Cempaka Putih. Dalam keterangan itu juga, dia mengajak masyarakat untuk turut mendoakan agar almarhum "husnul khatimah."

"Mohon doa semoga Allah SWT melimpahkan 'husnul khatimah' atas almarhum, maghfirah, rahmah dan jannahNya," tutupnya.

Profesor Bahtiar Effendy yang lahir di Ambarawa, Jawa Tengah pada tanggal 10 Desember 1958, memegang dua gelar tingkat Master untuk Kajian Asia Tenggara dan Ilmu politik. Dia dikenal aktif di kalangan akademik dan kerap menulis di berbagai media massa.

Bahtiar lulus sebagai Sarjana Ilmu Perbandingan Agama dari IAIN (sekarang UIN) Jakarta sekaligus pemegang PhD Ilmu Politik dari Ohio State University, Amerika Serikat.

Baca juga:
Ketua PP Muhammadiyah Bahtiar Effendy Tutup Usia
Berita Duka, Istri Wakapolda Jateng Meninggal Dunia
VIDEO: Mengantar Kepergian Legenda Bulutangkis Indonesia Johan Wahyudi
Johan Wahyudi, Legenda Bulu Tangkis Indonesia Wafat
Seniman Djaduk Ferianto Wafat
Menpera Kabinet SBY Muhammad Yusuf Asy'ari Tutup Usia

(mdk/fik)