Bakal Gelar Rapat Paripurna, LPSK akan Bahas Pengajuan Anita Kolopaking

Bakal Gelar Rapat Paripurna, LPSK akan Bahas Pengajuan Anita Kolopaking
Ahli Waris Pendiri BANI Menang Kasasi di MA. ©2019 Merdeka.com/Iqbal Nugroho
PERISTIWA | 6 Agustus 2020 20:14 Reporter : Ronald

Merdeka.com - Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) hingga kini belum memutuskan atas pengajuan Anita Kolopaking ditolak atau tidak. Seperti diketahui, Anita merupakan pengacara Djoko Tjandra yang ikut terseret dalam kasus surat jalan buronan kasus hak tagih Bank Bali itu.

Ketua LPSK Hasto Atmojo Suroyo mengatakan, pengajuan Anita akan dibahas pada Senin (10/8). Di mana akan diputuskan dalam Rapat Paripurna.

"(Hasilnya) Belum. Senin baru Rapat Paripurna," katanya kepada merdeka.com, Kamis (6/8).

Dia mengungkapkan, dalam Rapat Paripurna nanti seluruh pimpinan LPSK akan memutuskan hal ini. Di mana ada tujuh orang pimpinan LPSK yang akan memutuskan.

Lebih lanjut, Hasto menyampaikan, pimpinan nantinya dalam Rapat Paripurna akan mempertimbangkan status tersangka yang disadangkan kepada Anita.

"(Status tersangka kepala Anita Kolopaking ini akan menjadi pertimbangan) Pasti," pungkasnya.

Sebelumnya, Anita Dewi Anggraeni Kolopaking telah ditetapkan sebagai tersangka kasus surat jalan palsu yang diterbitkan Brigjen Pol Prasetijo Utomo untuk klien Anita, Djoko Tjandra. Anita yang juga merupakan kuasa hukum Djoko Tjandra, disangkakan dengan Pasal 263 (2) dan Pasal 223 KUHP.

Penyidik telah menyita sejumlah barang bukti di antaranya surat jalan palsu dan surat pemeriksaan Covid-19 atas nama Djoko Tjandra. Anita menjadi tersangka menyusul eks Karo Korwas PPNS Bareskrim Polri Brigjen Pol Prasetijo Utomo yang sudah berstatus tersangka terlebih dulu terkait kasus yang sama.

Prasetijo disangkakan dengan pasal berlapis yakni Pasal 263 ayat 1 dan 2 KUHP juncto Pasal 55 ayat 1 ke-1 E KUHP, Pasal 426 ayat 1 KUHP, dan Pasal 221 ayat 1 ke 2 KUHP.

Baca Selanjutnya: Hasto menyampaikan pimpinan nantinya dalam...

Halaman

(mdk/fik)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami