Baku Tembak dengan Polisi, Buronan Spesialis Pencurian Truk Tewas

Baku Tembak dengan Polisi, Buronan Spesialis Pencurian Truk Tewas
Buronan Spesialis Pencurian Truk Tewas. ©2021 Merdeka.com
NEWS | 17 Agustus 2021 05:28 Reporter : Aksara Bebey

Merdeka.com - Polisi menembak spesialis pencuri mobil truk dan pikap hingga meninggal dunia. Keputusan itu diambil karena tersangka sempat menembak petugas dengan senjata api saat hendak diamankan.

Tersangka diketahui bernama Elan Sutiawan (46) warga Cibaregbeg, Cianjur. Ia merupakan buronan polisi karena aksi pencuriannya di wilayah hukum Polres Cimahi.

Sebelumnya, polisi mengetahui keberadaannya di wilahan Ngamprah, Kabupaten Bandung Barat (KBB). Saat hendak diamankan pada Senin (16/8) dini hari, tersangka dan polisi sempat terlibat baku tembak. Akhirnya, tersangka tak berkutik setelah peluru menembus tubuhnya saat berusaha kabur menggunakan mobil.

“Tersangka adalah residivis dari lima kasus pencurian dengan pemberatan dan buronan. Saat hendak ditangkap, ada perlawanan bahkan menyerang ke petugas dengan senjata api yang dibawanya. Akhirnya, petugas terpaksa melakukan tindakan tegas dan terukur," kata Kapolres Cimahi AKBP Indra Setiawan.

Sementara itu, Kepala Satreskrim Polres Cimahi AKP Yohannes Redhoi Sigiro menjelaskan, petugas sempat membawa pelaku ke Rumah Sakit Sartika Asih dengan menggunakan ambulans desa. Namun, pelaku dinyatakan meninggal dunia.

Dari pemeriksaan barang bukti, polisi memastikan bahwa senjata api yang digunakan tersangka adalah rakitan. Selain itu, disita pula mobil Toyota Avanza nomor polisi F 1835 YH, kunci T, handphone dan sejumlah selongsong peluru.

Tersangka terindikasi melakukan puluhan atau bahkan ratusan kali aksi pencurian truk dan mobil pickup. Semasa hidup, tersangka sudah lima kali masuk keluar penjara untuk kasus serupa.

"TKP (tempat kejadian perkara) terakhir dari DPO (daftar pencarian orang) Elan Sutiawan ini ada di Cipongkor. Dia mencuri mobil truk bersama tiga temannya," katanya.

Kasus pencurian yang terjadi pada September 2020 itu, jelas dia, terungkap oleh Satreskrim Polres Cimahi. Barang bukti pencurian dan tiga tersangka berhasil diamankan.

"Tersangka ini bisa kabur dan jadi DPO kami. Sejak muda, yang bersangkutan sudah melakukan pencurian seperti ini, dengan modus pakai kunci T. Selain di wilayah hukum Polres Cimahi, ia tercatat sebagai DPO di Polres Cianjur,” terang dia. (mdk/ray)

Baca juga:
Viral Pencurian di Bekasi: Korban Pulas, Motor di Samping Diembat Maling
Kronologi Pembobolan ATM di Magelang hingga Telan Ratusan Juta, Alasannya Beli BMW
Curi Iphone7 Plus, Pemuda di Kupang Diamankan Polisi
Polisi Selidiki Kasus Pencurian di Sirkuit Fregeb Gautak Merauke Capai Rp30 Juta
Mau Pulang Kampung, Karyawan Gasak Truk dan Motor dari Toko Bangunan di Depok

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami