Balai Bahasa Papua Bantu Warga Papua Nugini Belajar Bahasa Indonesia

PERISTIWA » MAKASSAR | 13 Desember 2019 09:37 Reporter : Dedi Rahmadi

Merdeka.com - Balai Bahasa Papua yang berkedudukan di Kota Jayapura membantu warga negara tetangga Papua Nugini atau PNG yang ingin belajar memahami bahasa Indonesia.

Peneliti Ahli Muda Balai Bahasa Papua, Sri Yono mengatakan bahwa Balai Bahasa Papua sebagai perpanjangan tangan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mempunyai komitmen memartabatkan bahasa Indonesia.

Dia mengatakan, Balai Bahasa Papua tidak hanya melakukan penyuluhan bahasa Indonesia yang benar bagi masyarakat di Papua tetapi juga bagi orang asing yang ingin belajar bahasa Indonesia yang benar.

Menurutnya, tahun ini pemerintah negara tetangga PNG mengirim sebanyak empat orang warganya untuk belajar memahami bahasa Indonesia yang baik dan benar di Balai Bahasa Papua.

Dikatakan, duta besar PNG untuk Indonesia dalam mengunjungi Bali, Bahasa Papua dan tahun depan 12 pejabat pemerintahan PNG akan datang belajar bahasa Indonesia yang baik dan benar di Balai Bahasa Papua.

Tidak hanya bahasa, kata dia, warga negara tetangga PNG tersebut juga akan belajar tentang keanekaragaman budaya negara Republik Indonesia.

Ia menyayangkan masih banyak warga Indonesia yang belum mencintai bahasa Indonesia sebagai bahasa pemersatu padahal warga asing saja ingin belajar memahami bahasa Indonesia.

Fenomena yang terjadi saat ini bahasa Indonesia masih belum menjadi tuan rumah di negara kita sendiri. Hal tersebut nyata terlihat di ranah publik masih banyak tulisan bahasa asing yang notabene tidak dikunjungi oleh orang asing.

"Balai Bahasa Papua terus melakukan penyuluhan bahasa Indonesia yang baik dan benar kepada masyarakat Indonesia sebagai upaya memartabatkan bahasa Indonesia di negeri kita sendiri," tambah dia di Sorong, Jumat (13/12). (mdk/ded)

Baca juga:
Modal 4 Bahasa Asing, Abang Becak di Makassar Berharap Banyak Dilirik Turis
5 Startup Unik Milik Indonesia, Mulai Sepeda Listrik Hingga Warung
Kongres Bahasa Indonesia XI momentum penegakkan bahasa negara
Startup Ini Tawarkan Belajar Bahasa Asing Secara Online
Kemendikbud prihatin ada anak tak bisa bahasa Indonesia
Mendikbud bakal dorong bahasa Indonesia jadi bahasa internasional

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.