Balai Kemendagri di Bogor Jadi Pusat Isolasi ODP dan PDP

Balai Kemendagri di Bogor Jadi Pusat Isolasi ODP dan PDP
PERISTIWA | 19 Mei 2020 23:31 Reporter : Fikri Faqih

Merdeka.com - Bupati Bogor Ade Yasin meresmikan pusat isolasi khusus bagi orang dalam pemantauan (ODP) dan pasien dalam pengawasan (PDP) di Balai Diklat Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Gedung tersebut berada di Kecamatan Kemang Kabupaten Bogor Jawa Barat.

"Kita pinjam untuk pusat isolasi dan kita benahi sedikit-sedikit untuk kemudian dilengkapi dengan alat-alat kesehatan. Mudah-mudahan dapat menjadi solusi ketika banyaknya transmisi positif di Kabupaten Bogor," katanya seperti dilansir dari Antara, Selasa (19/5).

Menurutnya, bangunan dua lantai itu berkapasitas 84 tempat tidur, khusus ruang isolasi ODP ada di lantai bawah dengan jumlah 64 tempat tidur, sedangkan ruang isolasi PDP di lantai atas tersedia 20 tempat tidur.

"Pasien di sini untuk usia 15 tahun ke atas laki-laki dan perempuan. Jadi tidak untuk anak-anak, karena anak-anak penanganannya harus di rumah sakit khawatir terjadi yang tidak diinginkan," ujarnya.

Ade menyebutkan, pusat isolasi ini diperuntukkan bagi ODP dan PDP gejala ringan, karena keberadaannya bersifat membantu rumah sakit umum daerah (RSUD) di Kabupaten Bogor yang mayoritas sudah penuh karena menjadi tempat penanganan pasien Covid-19.

"Saya sih berharap ini tidak terpakai ya, saya harap pandemi segera berakhir tapi ini untuk jaga-jaga karena di prediksi lebaran (pandemi) masih tetap. Kalau masyarakat tidak physical distancing, tidak menggunakan masker dan berkerumun, itu dapat berbahaya buat masyarakat jadi kita jaga-jaga saja, supaya ketika terjadi itu kita sudah siap," tuturnya.

Dia menerangkan, keberadaan pusat isolasi itu untuk mendekatkan pelayanan kesehatan terhadap ODP dan PDP yang berdomisili di barat dan utara Kabupaten Bogor. Sementara, bagi yang berdomisili di selatan, tersedia pusat isolasi di wilayah Cisarua Kabupaten Bogor. (mdk/fik)

Baca juga:
Pemprov Kaltim Laporkan 81 dari 258 Pasien Corona Sembuh
JK: Orang Disiplin Selama Pandemi Covid-19 Jika Kebutuhannya Dijamin
Mendagri Minta Semua Pihak Bergandengan Perangi Covid-19, Tidak Saling Menyalahkan
Indonesia Terserah, Jangan Sampai Tenaga Medis Terus Kecewa
Hotel di Yogyakarta akan Disemprot Disinfektan Massal Sebelum Dibuka Bulan Juni
Pasien Terkonfirmasi Covid-19 di Solo Tinggal 4 Orang

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami