Bali PPKM Level 1, Masyarakat Tetap Diminta Jaga Prokes

Bali PPKM Level 1, Masyarakat Tetap Diminta Jaga Prokes
Mural Covid-19. ©2020 Liputan6.com/Johan Tallo
NEWS | 7 Juni 2022 13:18 Reporter : Moh. Kadafi

Merdeka.com - Seluruh Pulau Jawa dan Bali dinyatakan sudah menerapkan berada di level 1 Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). Namun, Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Bali tetap meminta warga agar tetap menjaga protokol kesehatan.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bali I Nyoman Gede Anom mengatakan, pihaknya mengimbau agar warga menjaga protokol kesehatan, terutama bagi para lansia, karena kasus Covid-19 masih ditemukan di Bali.

"Sebenarnya saat Presiden (Jokowi) mengimbau kita boleh tanpa masker di luar ruangan berarti kita sudah masuk PPKM level 1. Hanya kita tetap mengimbau bagi lansia dan orang-orang yang sedang mengalami batuk pilek sebaiknya tetap memakai masker saat di luar ruangan," kata Gede Anom saat dikonfirmasi, Selasa (7/6).

"Untuk di dalam ruangan sebaiknya tetap menaati protokol kesehatan. Karena baik WHO maupun pemerintah pusat belum menyatakan kita masuk ke endemi," imbuhnya.

2 dari 2 halaman

Vaksinasi Covid-19

Sementara, vaksinasi booster di Bali sudah hampir 70 persen. Gede Anom optimistis angkanya akan mencapai 80 persen dalam beberapa bulan lagi, sesuai target sebelum KTT G20.

"Saat ini, baru mencapai 70 persen. Kita masih memiliki waktu sekitar 4 atau 5 bulan. Jadi target 75 persen atau 80 persen sebelum G20, saya optimis akan tercapai," ujarnya.

Diberitakan, semua wilayah Jawa dan Bali masuk Level 1 PPKM. Selain diperbolehkannya operasi kerja dari kantor (WFO) 100 persen, pemerintah juga mencantumkan aturan aktivitas di mal dan bioskop.

Dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 29 Tahun 2022 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Level 1 Corona Virus Disease 2019 di Wilayah Jawa dan Bali, mal boleh dibuka dengan kapasitas 100 persen pengunjung hingga pukul 22.00 waktu setempat. Kebijakan tersebut berlaku mulai 7 Juni hingga 4 Juli mendatang.

"Kegiatan pada pusat perbelanjaan/mal/pusat perdagangan dibuka dengan kapasitas maksimal 100% (seratus persen) sampai dengan Pukul 22.00 waktu setempat," tertera dalam salah satu poin terkait aktivitas dalam mal.(") (mdk/yan)

Baca juga:
PPKM Seluruh Indonesia Diperpanjang hingga 4 Juli, Daerah Level 2 Tinggal 1
PPKM Dihentikan Jika Tak Ada Lonjakan Kasus Covid-19 dalam 6 Bulan
Anies Terbitkan Pergub PPKM Level 1, Ini Aturan Lengkapnya
PPKM Level 1 DKI, Tempat Hiburan Malam Kapasitas 100 Persen, Tutup Pukul 2 Pagi
DKI PPKM Level 1, Mal Tutup Pukul 10 Malam & Pengunjung Wajib Vaksin Dosis Lengkap
Aturan PTM Terbatas Tetap Diberlakukan saat Status DKI PPKM Level 1

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Opini