Balon Udara Ganggu Penerbangan di Bandara Solo

Balon Udara Ganggu Penerbangan di Bandara Solo
PERISTIWA | 25 Mei 2020 22:32 Reporter : Arie Sunaryo

Merdeka.com - Sejumlah balon udara terpantau di ketinggian langit Kota Solo dan sekitarnya pada Minggu (24/5). Jika terus terjadi, balon udara itu dikhawatirkan mengganggu penerbangan dari dan ke Bandara Internasional Adi Soemarmo, yang ada di Kabupaten Boyolali.

Kejadian yang viral di media sosial itu dibenarkan General Manager Airnav Indonesia cabang Solo, Dheny Purwo Hariyanto. Menurut pengamatannya, terdapat lima titik balon udara yang terbang melintas di langit kawasan Bandara Internasional Adi Soemarmo Solo.

AirNav Indonesia telah menerbitkan NOTAM terkait dengan penerbangan balon udara liar. Sebagaimana diketahui, NOTAM merupakan pemberitahuan kepada pengguna ruang udara termasuk pilot. Dengan pemberitahuan itu diharapkan para pilot berhati - hati saat melintasi wilayah yang rawan terdapat penerbangan balon udara liar.

"Kalau melihat di medsos, itu memang itu balon udara yang terbang di langit. Tidak hanya mengganggu penerbangan di Solo, balon udara juga penerbangan di yang melintas," ujar Dheny, Senin (25/5).

Dheny menyampaikan, kejadian serupa selalu terulang setiap tahunnya. Pada Lebaran tahun lalu, dikatakannya, ada 3 balon udara yang terbang di udara area Soloraya. Ia mengaku sering mendapatkan keluhan dari pilot terkait persoalan tersebut.

Pihaknya mengimbau kepada masyarakat agar menerbangkan balon udara sesuai aturan. Sesuai Permenhub Nomor 40 Tahun 2018, kata Dheny, ketentuan menerbangkan balon udara yakni dengan ditambahkan dengan tali pengaman, bukan dilepas bebas ke udara. Penerbangan balon udara juga ditentukan dengan ketinggian maksimal 150 meter.

"Masyarakat harus paham akan bahaya balon udara jika diterbangkan bebas. Pemerintah daerah dan kepolisian juga harus ikut memberikan edukasi soal ini," ucap Dheny. (mdk/noe)

Baca juga:
H+1 Lebaran, Enam Balon Udara diamankan di Wonosobo
Olaf Hingga Pikachu Ramaikan Parade Thanksgiving di New York
Festival Mondial Air Ballons, Ratusan Balon Udara Coba Pecahkan Rekor
Membahayakan Penerbangan, 2 Balon Udara Ditemukan di dekat Bandara Adisutjipto
Melihat Festival Balon Udara di Wonosobo

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Gerak Cepat Jawa Barat Tangani Corona - MERDEKA BICARA with Ridwan Kamil

5