Bandung Terapkan AKB, Volume Kendaraan dari Luar Alami Peningkatan

Bandung Terapkan AKB, Volume Kendaraan dari Luar Alami Peningkatan
PERISTIWA | 30 Juni 2020 13:29 Reporter : Henny Rachma Sari

Merdeka.com - Volume kendaraan yang masuk ke Kota Bandung tercatat Satlantas Polrestabes Bandung mengalami peningkatan. Hal itu pasca pemberlakuan fase Adaptasi Kebiasaan baru (AKB).

Wakasatlantas Polrestabes Bandung, AKP Galih Raditya, mengatakan peningkatan itu mencapai 50 hingga 80 persen per harinya jika dibandingkan saat masa pembatasan sosial berskala besar (PSBB).

"Namun peningkatan ini belum seperti biasanya saat sebelum masa pandemi, tapi sudah ada peningkatan yang masuk Kota Bandung," kata Galih di Balai Kota Bandung, Jalan Wastukancana, Kota Bandung, Selasa (30/6).

Namun, peningkatan volume kendaraan tak membuat penjagaan kendor. Polisi tetap menjaga dan mengawasi mencegah tidak terjadi kemacetan.

Menurutnya arus kendaraan itu masuk melalui sejumlah pintu tol serta jalan-jalan lainnya. Lalu, kata dia, kendaraan yang masuk itu memang didominasi menuju pusat kota.

"Memang terlihat peningkatan yang signifikan itu pada akhir pekan," kata dia.

1 dari 1 halaman

Sementara itu, Kepada Bidang Manajemen Transportasi dan Parkir Dinas Perhubungan Kota Bandung Khairul Rijal mencatat pada masa PSBB rata-rata ada 157.889 kendaraan yang masuk Kota Bandung per harinya. Sedangkan pada fase AKB, rata-rata ada 304.726 kendaraan yang masuk Kota Bandung per harinya.

Pada masa PSBB, kendaraan yang masuk ke Kota Bandung didominasi oleh kendaraan bermotor roda dua. Namun pada fase AKB, kendaraan bermotor roda empat mendominasi volume kendaraan yang masuk ke Kota Bandung.

Kemudian pada masa PSBB, kendaraan yang masuk ke Kota Bandung lebih banyak menggunakan jalan non tol. Sedangkan pada fase AKB, kendaraan lebih banyak menggunakan jalan tol untuk masuk ke Kota Bandung.

"GT (Gerbang Tol) Pasteur dan GT Buah Batu merupakan dua akses dengan jumlah kendaraan tertinggi masuk Kota Bandung pada saat pelaksanaan adaptasi kebiasaan baru," kata Rijal. Seperti diberitakan Antara. (mdk/rhm)

Baca juga:
Memasuki Masa AKB, Pemkot Bandung Bersiap Buka Kembali Tempat Karaoke dan Bioskop
Jokowi ke Kepala Daerah soal New Normal: Saran Pakar Dipakai jadi Tepat Sasaran
Anies Belum Putuskan PSBB Transisi di Jakarta Diperpanjang atau Tidak
Sejumlah Tempat Wisata Di Jateng akan Dibuka, Jokowi Ingatkan Cek Protokol Kesehatan
Penutupan Pasar Tanah Abang Dilakukan Sesuai Zona Temuan Kasus Covid-19
Lokawisata Grojogan Sewu Karanganyar Dibuka, Pengunjung Batasi 180 Orang
PT KCI Siasati Cara 'Culas' Penumpang KRL

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Alur BLT Dana Desa Hingga ke Tangan Warga - MERDEKA BICARA with Mendes Abdul Halim Iskandar

5