Bangkai Lumba-Lumba Ditemukan Mengapung di Pantai Sundak

Bangkai Lumba-Lumba Ditemukan Mengapung di Pantai Sundak
PERISTIWA | 29 Oktober 2020 23:35 Reporter : Purnomo Edi

Merdeka.com - Bangkai lumba-lumba ditemukan mengapung di perairan Pantai Sundak, Kelurahan Sidoarjo, Kapanewon (Kecamatan) Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Kamis (29/10).

Sekretaris SAR Linmas Wilayah II Kabupaten Gunungkidul, Surisdiyanto, menerangkan penemuan bangkai lumba-lumba berawal saat anggota SAR melakukan patroli di area Pantai Sundak. Sekitar pukul 05.30 WIB, tim patroli melihat ada sebuah benda mengapung.

Tim patroli kemudian mendatangi benda mengapung tersebut. Saat itu baru diketahui jika benda mengapung itu adalah bangkai lumba-lumba.

"Saat didekati ternyata benda itu bangkai lumba-lumba. Kemudian petugas mengikatkan ekor ikan dengan tali yang dikaitkan ke perahu untuk dibawa ke daratan," ujar Surisdiyanto saat dihubungi.

Surisdiyanto menuturkan bangkai lumba-lumba ini diketahui memiliki panjang kurang lebih 2,5 meter. Bangkai lumba-lumba ini memiliki bobot sekitar 300 kilogram.

Surisdiyanto menyebut pihaknya tak mengetahui apa penyebab kematian lumba-lumba itu. Sebab saat ditemukan lumba-lumba itu sudah dalam keadaan mati.

"Kami tidak mengetahui penyebab lumba-lumba ini mati. Karena setelah dibawa ke daratan langsung kami kuburkan di tepi pantai," ungkap Surisdiyanto.

"Ini penemuan bangkai lumba-lumba pertama di sepanjang tahun 2020," tutur Surisdiyanto. (mdk/lia)

Baca juga:
Komodo Berhadapan dengan Komersialisasi Wisata
Pemerintah Jamin Pembangunan di Taman Nasional Komodo Taat Kaidah Konservasi
Viral Video Kemunculan Beruang Madu di Kelok 35, Petugas Telusuri Lokasi
Jual Burung Tiong Emas, Dua Orang Diciduk
Luther dan Helen Lahir, Badak Jawa Penghuni di Ujung Kolon Jadi 74 Ekor
2 Anak Badak Jawa Lahir di Taman Nasional Ujung Kulon

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami