Banjir bandang terjang Aceh Tenggara, lansia & bocah 8 tahun hilang

Banjir bandang terjang Aceh Tenggara, lansia & bocah 8 tahun hilang
PERISTIWA | 12 April 2017 10:50 Reporter : Afif

Merdeka.com - Setelah diguyur hujan lebat, banjir bandang disertai longsor terjadi di Aceh Tenggara, Selasa (11/4). Peristiwa ini menyebabkan korban jiwa dua orang. Hingga sekarang, korban belum ditemukan dan petugas masih melakukan pencarian.

Informasi yang dihimpun merdeka.com, banjir bandang dan longsor terparah terjadi di dua kecamatan, enam gampong. Yaitu Kecamatan Lawe Sigala-Gala dan gampong yang dilanda banjir bandang adalah Lawe Sigala Barat, Batu Dua Ratus, Kayu Mbelin dan Lawe Tuha.

Sedangkan untuk Kecamatan Semadan, gampong yang dilanda banjir bandang dan longsor adalah Lawe Beringin dan Suka Mamur.

Bencana alam ini terjadi karena hujan dengan intensitas tinggi dan terjadi secara terus menerus. Sehingga debit air yang mengalir dari pegunungan terus meningkat.

"Ada 15 unit rumah rusak berat, tetapi masih dalam pendataan," kata salah seorang petugas piket Pusdalops badan Penanggulangan Bencana Alam (BPBA) Aceh, Muhammad Yudhi, Rabu (12/4).

Adapun korban jiwa akibat banjir bandang dan longsor ini menimpa Boru Panjaitan (80), wanita lansia Gampong Sigala Barat, Kecamatan Sigala-Gala. Kemudian korban lainnya belum diketahui namanya, diperkirakan usia 8 tahun jenis kelamin perempuan warga Gampong Lawe Tua, Kecamatan Lawe Sigala-Gala.

"Kondisi saat ini sedang dalam pencarian," jelasnya.

Adapun titik pengungsian sekarang berada di Masjid Simpang Semadam. Pihak BPBD Kabupaten Aceh Tengara telah mengerahkan dua unit alat berat ke lokasi kejadian. Alat berat itu sekarang sedang membersihkan material longsir di badan jalan Medan-Kutacane, Aceh Tenggara.

Selain itu, BPBD Aceh Tenggara juga telah membawa bantuan logistik dan peralatan berupa tenda untuk warga dampak bencana. Sedangkan Tim Reaksi Cepat sudah berada di lokasi untuk mengadvokasi warga ke lokasi aman. (mdk/msh)

Buaya muncul ke permukiman warga usai banjir terjang Aceh Singkil

Seperti ini luapan banjir 2 meter yang rendam dua desa di Aceh

2 Kecamatan di Aceh Besar banjir, ratusan rumah terendam

Banjir di Aceh semakin meluas, ratusan rumah rusak

Dinsos Aceh buka dapur umum untuk korban banjir Bener Meriah

Banjir bandang di Bener Meriah Aceh, 462 orang mengungsi

Banjir bandang terjang Bener Meriah Aceh, 262 orang mengungsi

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami