Banjir dan Longsor Rusak Ratusan Rumah di Bandung

Banjir dan Longsor Rusak Ratusan Rumah di Bandung
PERISTIWA | 2 Mei 2020 22:31 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Hujan deras yang mengguyur wilayah Kota Bandung sejak Jumat (1/5) malam, mengakibatkan longsor di Sungai Cikakak, Kelurahan Sukabungah, Kecamatan Sukajadi. Longsor yang menutupi aliran sungai itu berdampak pada meluapnya kali sehingga merendam 197 rumah.

Hingga Sabtu pagi hari, air masih menggenangi sebagian wilayah terutama di di RW 03 dan RW 06.

Adapun sejak semalam Dinas Pekerjaan Umum (DPU), Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (Diskar PB), serta Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Bandung, dan aparatur kewilayahan langsung membantu warga setempat untuk mengevakuasi diri. Sebagian warga ditampung di rumah-rumah tetangga, sebagian lain mengungsi ke masjid setempat.

Wali Kota Bandung, Oded M Danial langsung meninjau lokasi dan meminta Dinas Kebakaran dan Dinas PU dan seperangkat aparat kewilayahan turun menangani.

"Barusan saya lihat memang air masih ada cukup tinggi, masih sebetis. Tapi InsyaAllah hari ini juga mudah-mudahan bisa surut karena disedot oleh mesin pompa," katanya.

Selain menyedot air menggunakan mesin pompa, Oded pun langsung mengaktifkan dapur umum. Kebetulan, dapur umum PKK yang terbentuk untuk penanganan Covid-19 di wilayah tersebut sudah siap dan akan difungsikan untuk membantu korban banjir.

"Dapur umum sudah ada, penampungan di masjid dekat rumah terdampak sudah ada, bantuan sudah diberikan dapur umum itu untuk masyarakat dalam rangka Covid-19. Alhamdulillah sudah siap," ujarnya.

Sementara itu, Camat Sukajadi Tubagus Agus Mulyadi menuturkan, warganya akan bergotong royong untuk mengangkat material longsor dari Sungai Cikakak. Pasalnya, alat berat dari DPU tidak bisa masuk ke lokasi karena berada di gang sempit.

"Ini ada kendala karena lokasinya di gang yang alat berat tidak bisa masuk. Jadi kita mungkin akan bergotong-royong. Semua pihak baik dinas maupun masyarakat secara manual kita akan melaksanakan gotong royong hari ini, mudah-mudahan cuaca hari ini tidak hujan lagi," tutup Tubagus.

Reporter: Huyogo Simbolon
Sumber: Liputan6.com (mdk/fik)

Baca juga:
Lebih dari 100 Ribu Warga Kabupaten Bandung Terdampak Banjir
Pemprov Jabar Terapkan Prosedur Covid-19 Tangani Korban Banjir Kabupaten Bandung
Bandung Dilanda Banjir saat Pandemik Corona, Ini 4 Kondisi Terbarunya
Ribuan Warga di Kabupaten Bandung Terdampak Banjir, 1 Orang Tewas
Jokowi Klaim Banjir di Bandung Raya Berkurang Sejak Dibangun Terowongan Nanjung

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan
TOPIK TERKAIT
more tag

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami