Banjir di Kalimantan Selatan, Masih Ada Wilayah Ketinggian Air Capai 2 Meter

Banjir di Kalimantan Selatan, Masih Ada Wilayah Ketinggian Air Capai 2 Meter
Kondisi banjir Kalsel. ©2021 Merdeka.com
PERISTIWA | 17 Januari 2021 16:00 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Sejumlah wilayah di Kalimantan Selatan (Kalsel) hingga pagi ini dilaporkan masih terendam banjir. Di beberapa daerah ketinggian muka air bahkan masih ada di kisaran dua meter.

"Di Kecamatan Banjar ketinggian masih satu sampai dengan dua meter," kata Deputi Bidang Operasi Pencarian dan Pertolongan dan Kesiapsiagaan Badan SAR Nasional (Basarnas), Bambang Suryo Aji di Jakarta International Container Terminal (JICT) II, Jakarta Utara, Minggu (17/1).

Kendati begitu, kata Suryo, di beberapa titik lain ketinggian banjir berangsur-angsur menyurut. Sebut saja di Kabupaten Tabalong, ketinggian muka air di daerah sudah menyurut hingga berada di ketinggian 30 sentimeter.

"Saat ini di Kecamatan Tabalong ketinggiannya sudah mencapai 30 sampai dengan 60 sentimeter. Kemudian di Hulu Sungai Tengah, ketinggian mencapai 30 sentimeter. Kemudian di Tanah Laut ketinggian masih tinggi, (di sana) masih dilaksanakan evakuasi terus, (ketinggian) kurang lebih sekitar satu setengah meter," jelasnya.

Suryo menuturkan, hingga kini timnya di lokasi masih fokus melakukan evakuasi para korban banjir. Pasalnya intensitas hujan di sana masih tergolong tinggi. Dikhawatirkan ketinggian muka air bakal kembali tinggi menyusul tingginya curah hujan.

"Sampai saat ini belum ada. Sifatnya yang di banjir Kalsel itu evakuasi korban dan dilaksanakan pengungsian. Saya berpendapat mungkin perlu dievakuasi dulu karena curah hujan masih tinggi. Khawatirnya surut, hujan datang lagi dengan intensitas yang tinggi, air akan naik lagi," katanya.

Seperti diketahui, banjir cukup besar melanda sejumlah daerah di Kalimantan Selatan. Kasi Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Banjarmasin, Herliansyah mengatakan bahwa banjir kali ini disebabkan intensitas hujan yang tak kunjung reda ditambah air laut pasang.

Herliansyah melaporkan bahwa banjir semakin tinggi. Banyak warga yang rumahnya terkepung banjir langsung mengungsi di sejumlah posko.

"Sebab hujan tidak juga reda, ditambah air laut pasang, banjir di pemukiman warga makin tinggi. Banyak sudah warga yang mengungsi, karena rumahnya terendam banjir, makin tinggi hari ini daripada kemarin," kata Herliansyah, Jumat siang (15/1).

Reporter: Yopi Makdori (Liputan6.com) (mdk/did)

Baca juga:
Banjir di Kalimantan Selatan, Masih Ada Wilayah Ketinggian Air Capai 2 Meter
Penjelasan BPPT Terkait Cuaca hingga Banjir di Kalimantan Selatan
TNI Kerahkan Prajurit hingga Alutsista Tangani Banjir di Kalsel
Lebih dari 3.000 Rumah Terendam Banjir di Kabupaten Balangan Kalsel
Ekskavator di Tapin Kalsel Terseret Longsor hingga Masuk Jurang, Operator Tewas

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami