Banjir di Kutai Timur, 2.090 Jiwa Mengungsi dan Satu Orang Meninggal Dunia

Banjir di Kutai Timur, 2.090 Jiwa Mengungsi dan Satu Orang Meninggal Dunia
Banjir di Kutai Timur. Basarnas
NEWS | 21 Maret 2022 17:17 Reporter : Saud Rosadi

Merdeka.com - Banjir hingga 2 meter masih merendam sebagian besar wilayah kabupaten Kutai Timur dan meluas hingga 6 kecamatan. Satu orang dilaporkan meninggal dunia. Bantuan logistik terus berdatangan ke wilayah terdampak.

Pusat pengendalian operasi (Pusdalops) BPBD Provinsi Kalimantan Timur melaporkan, dari informasi BPBD Kutai Timur, banjir merendam sekitar 2.477 rumah warga di 2 kelurahan dan 16 desa di 6 kecamatan di Kutai Timur.

Banjir imbas tingginya curah hujan yang meluapkan sungai Sangatta pada hari Jumat (18/3) lalu. Di mana, 5.245 kepala keluarga atau sekitar 16.896 jiwa jadi korban terdampak banjir.

"Sekitar 2.090 jiwa mengungsi. Ada satu orang meninggal dunia," kata petugas Pusdalops BPBD Kalimantan Timur Muriono, dikonfirmasi merdeka.com, Senin (21/3).

2 dari 2 halaman

Akses Trans Kalimantan Terganggu

Muriono menerangkan, meski sejak pagi tadi ketinggian air turun hingga 10 cm, namun akses jalan trans Kalimantan dari Kaltim ke Kaltara masih terganggu akibat derasnya arus air banjir akibat luapan sungai.

"Saat ini akses menuju kota Sangatta dari arah Bontang di kilometer 3 sudah bisa dilalui kendaraan mobil dan roda 6.

Muriono juga menyampaikan, kebutuhan mendesak penanganan banjir di Sangatta adalah perahu karet, makanan siap saji, selimut, obat-obatan serta tenda pengungsian, air bersih dan bahan bakar minyak.

"Kami dari BPBD meneruskan informasi peringatan dini potensi hujan, untuk mewaspadai ancaman bencana hidrometeorologi," jelas Muriono.

Markas Basarnas Kantor SAR Balikpapan sendiri telah menurunkan 4 personil rescue dan dua perahu karet ke Kutai Timur, untuk memperkuat operasi SAR korban banjir yang dilakukan Basarnas Pos SAR Kutai Timur dan unsur SAR lainnya.

"Dari pagi tadi, masih ada kegiatan evakuasi. Sampai Minggu kemarin, hampir 1.000 orang kita evakuasi. Kami terus memantau kondisi terkini di lapangan," kata Kasi Operasi dan Siaga Basarnas Balikpapan, Basri, dikonfirmasi terpisah. (mdk/gil)

Baca juga:
Banjir di Kutai Timur, 1.000 Warga Mengungsi
Banjir Melanda Cilacap, 14.417 Warga Terdampak
Banjir Dua Meter di Kutai Timur, Warga Khawatirkan Buaya Berkeliaran
Warga Sigi Diingatkan BPBD untuk Siaga Banjir dan Tanah Longsor
Hujan dan Angin Kencang Picu Banjir di 18 Titik Kota Malang
Banjir di Sigi Sulteng, Ratusan Orang Terpaksa Mengungsi
Diguyur Hujan 12 Jam, 243 Rumah di Musi Rawas Terendam Banjir

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami