Banjir Luapan Sungai Deli Tak Surutkan Semangat Warga Kampung Aur Medan Berlebaran

Banjir Luapan Sungai Deli Tak Surutkan Semangat Warga Kampung Aur Medan Berlebaran
Sungai Deli Medan yang meluap menggenangi rumah warga di Kampung Aur Lingkungan IV, Kelurahan Aur, K. Antara
PERISTIWA | 15 Mei 2021 08:02 Reporter : Henny Rachma Sari

Merdeka.com - Banjir yang mengepung di hari pertama Idulfitri 1442 H rupanya tak menyurutkan semangat warga Kampung Aur Lingkungan IV, Kelurahan Aur, Kota Medan, Sumatera Utara. Banjir merupakan akibat luapan Sungai Deli.

"Biarpun banjir baru saja melanda kampung halaman mereka, namun tetap semangat merayakan hari kemenangan setelah satu bulan penuh melaksanakan ibadah puasa," kata Seorang warga Kampung Aur Medan Yusmaniar Sikumbang (56) di Medan, seperti dikutip Antara, Jumat (14/5).

Ia menjelaskan, banjir akibat meluapnya Sungai Deli itu terjadi pada hari pertama Lebaran 2021, Kamis (13/5) sekira pukul 03.00 Wib. Namun, banjir tersebut cepat surut, sehingga warga dapat dengan mudah membersihkan rumah mereka yang dipenuhi lumpur dan berbagai kotoran yang berasal dari Sungai Deli.

"Warga Kampung Aur juga merasa senang dan bangga dikunjungi Wali kota Medan Bobby Nasution dan juga mendapat bantuan," ujar Sikumbang.

Sebelumnya, Wali Kota Medan Bobby Nasution bersama Ketua TP PKK Kota Medan Kahiyang Ayu meninjau warga terdampak banjir kiriman dan meluapnya Sungai Deli di Kelurahan Aur bertepatan dengan Idul Fitri 1 Syawal 1442 Hijriah.

"Kami ingin memastikan kondisi warga yang terdampak banjir tadi pagi. Selain bersilaturahim, karena bertepatan dengan 1 Syawal," katanya di lokasi banjir Kelurahan Aur Medan, Kamis (13/5).

Ia mengatakan pihaknya mendapat informasi bahwa aliran Sungai Deli di Kelurahan Aur mulai meluap sekitar pukul 03.00 Wib, dan baru surut tiga jam kemudian atau tepatnya pukul 06.00 Wib.

Wali Kota mengatakan tiba di lokasi terdampak banjir pihaknya langsung meninjau kondisi Sungai Deli, yang telah menggenangi rumah warga.

Selain melakukan peninjauan, Wali Kota Medan juga menyerahkan bantuan dari Pemkot Medan berupa makanan untuk warga terdampak banjir di lokasi tersebut. (mdk/rhm)

Baca juga:
BMKG Peringatkan Potensi Hujan Badai Hingga Memicu Banjir di Kalsel
Basarnas Evakuasi 5.308 Korban Banjir Satui Tanah Bumbu
Banjir di Haruyan Hulu Sungai Tengah Surut, Warga Mengungsi Sudah Kembali ke Rumah
BNPB: 5 Kabupaten di 4 Provinsi Terdampak Banjir di Hari Pertama Lebaran
Lima Desa di Perbatasan RI-Malaysia Terendam Banjir Saat Lebaran
Sungai Satui & Haruyan Meluap, 1.184 Rumah di Tanah Bumbu & Hulu Sungai Tengah Banjir
Hari Pertama Lebaran, Permukiman Warga Sampit Dikepung Banjir

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami