Banjir Meluas, Ribuan Rumah di Samarinda Terendam

Banjir Meluas, Ribuan Rumah di Samarinda Terendam
Banjir parah di Samarinda. ©2020 Merdeka.com/Saud Rosadi
PERISTIWA | 14 Januari 2020 15:54 Reporter : Saud Rosadi

Merdeka.com - Ribuan rumah di 4 kecamatan di Samarinda, Kalimantan Timur, terendam banjir hingga 1 meter. Ketinggian air terus merangkak naik. Warga menilai, banjir besar Juni 2019 yang melumpuhkan kegiatan ekonomi sebagian Samarinda, kembali terulang.

Banjir lebih dulu merendam permukiman di kelurahan Sempaja Timur di Samarinda Utara, dan Gunung Lingai di kecamatan Sungai Pinang, sejak Senin (13/1) kemarin. Kawasan itu menjadi yang terparah, menyusul luapan DAS Karang Mumus, akibat debit tinggi muka air (TMA) Benanga sempat menyentuh di level 92 cm.

Pagi tadi, Samarinda kembali diguyur hujan deras mulai pukul 08.30 Wita. Permukiman di 2 kecamatan itu semakin calap hingga 1 meter. Imbas hujan deras, juga mengakibatkan banjir di banyak kawasan lainnya. Praktis, aktivitas warga pun terhenti lantaran banjir.

Siang ini tadi, banjir juga merendam permukiman di kelurahan Temindung Permai, kecamatan Sungai Pinang, yang berada di DAS Karang Mumus. Petugas kelurahan bergerak cepat. Diperoleh data sementara, 1.066 rumah terendam banjir.

"Terdampak banjir 1.248 KK atau sekitar 2.727 jiwa," kata Lurah Temindung Permai Fathan Ibrahim Malik, Selasa (14/1).

Baca Selanjutnya: Sementara BPBD Provinsi Kalimantan Timur...

Halaman

(mdk/cob)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami