Banjir Rendam Delapan Desa di Konawe Utara

Banjir Rendam Delapan Desa di Konawe Utara
PERISTIWA | 11 Juli 2020 19:32 Reporter : Muhammad Genantan Saputra

Merdeka.com - Banjir merendam delapan desa di Kabupaten Konawe Utara, Sulawesi Tenggara dikarenakan hujan dengan intensitas tinggi. Ketinggian muka air 70 hingga 80 sentimeter.

Berdasarkan data yang dihimpun oleh Pusdalops BNPB per Sabtu (11/7), pukul 12.27 WITA, delapan desa di 5 kecamatan terdampak banjir tersebut.

Kepala Pusdatin dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Raditya Jati menuturkan, wilayah desa terdampak yaitu Desa Labungga dan Laronangga di Kecamatan Andowia, Desa Puwanggudu dan Alawanggudu di kecamatan Asera, Desa Polora Indah di Kecamatan Langgikima, Desa Tambakua di Kecamatan Landawe, serta Desa Pondoa dan Padalere Utama di Kecamatan Wiwirano.

"Selain merendam pemukiman di wilayah desa, banjir menyebabkan akses jalan antar desa putus," kata Raditya, Sabtu (11/7).

Atas banjir itu, Tim Reaksi Cepat Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Konawe Utara telah tiba di lokasi untuk melakukan evakuasi serta kaji cepat. Di samping itu, mereka melakukan koordinasi dengan dinas terkait untuk melakukan penanganan banjir.

Raditya menjelaskan, melihat analisis dari InaRISK, wilayah Kabupaten Konawe Utara memiliki potensi bahaya kategori banjir sedang hingga tinggi. Luas bahaya akibat banjir mencakup lebih dari 19 ribu hektar di 10 kecamatan.

"Sedangkan dari sisi risiko, sekitar 12.829 jiwa terpapar potensi banjir di 10 kecamatan tersebut," ucapnya.

Sementara itu, melihat prakiraan hujan dasarian II – II Juli hingga I Agustus 2020, wilayah Konawe Utara masih berpotensi hujan tinggi. Dia mengimbau masyarakat untuk terus waspada dan siap siaga dalam menghadapi potensi bencana hidrometeorologi, seperti banjir, longsor dan banjir bandang.

"Hujan dengan intensitas tinggi dan berdurasi lama bisa menjadi salah satu indikator dalam menyikapi kesiapsiagaan masyarakat," pungkasnya. (mdk/gil)

Baca juga:
Anies Sebut Penanggulangan Banjir DKI Tahun 2020 Butuh Dukungan Fiskal
Banjir Kepung Sejumlah Daerah di Sulteng
Penampakan Banjir dan Longsor Melanda China
Rp35,9 Triliun untuk Penanggulangan Banjir dan Longsor di Jabodetabek Punjur
Puluhan Tahanan Polres Gorontalo Kota Dipindahkan Karena Banjir
Atasi Banjir di Tasikmalaya, Pemprov Jabar Bakal Undang BBWS Citanduy
Pembangunan Bendungan Cipanas Rp1,3 T Capai 59 Persen, Target Selesai 2022

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami