Bansos Tunai Tahap Dua akan Cair Awal Juni

Bansos Tunai Tahap Dua akan Cair Awal Juni
PERISTIWA | 27 Mei 2020 14:16 Reporter : Henny Rachma Sari

Merdeka.com - Bantuan Sosial Tunai (BST) tahap kedua untuk warga terdampak Covid-19 akan cair pada awal Juni nanti. Demikian dikatakan Direktur Jenderal Penanganan Fakir Miskin (Dirjen PFM) Kementerian Sosial (Kemensos) Asep Sasa Purnama.

"Rencana awal Juni gelombang kedua BTS sudah bisa dicairkan keluarga penerima manfaat (KPM)," kata Asep di Indramayu, Rabu, saat melakukan monitoring dan supervisi BST di Kabupaten Indramayu, Kamis (27/5).

Asep mengatakan saat ini dana BST tahap dua sudah berada di kantor PT Pos Indonesia. Mereka tinggal menunggu perintah pencairan dari pemerintah.

"Sedangkan untuk gelombang ketiga, kalau sesuai jadwal itu pekan ketiga bulan Juni," ujarnya.

Untuk Kabupaten Indramayu, menurut data mencapai 33.954 keluarga. Sementara untuk realisasi KPM BST yang sudah tersalurkan di Kabupaten Indramayu 30.203 keluarga.

Setiap KK mendapatkan BST sebesar Rp600.000 setiap bulan selama 3 bulan, selama masa pandemi Covid-19. Sementara data KPM penerima BST di Provinsi Jawa Barat a.070.758 keluarga.

"Dalam penyaluran BST, selain menggandeng PT Pos Indonesia, kami juga menggandeng Himpunan Bank Milik Negara (Himbara)," tuturnya.

Kemensos menargetkan jumlah penerima BST seluruh Indonesia pada masa pandemi Covid-19 ini mencapai 9 juta KPM.

Dari data tersebut, PT Pos Indonesia mengcover sekitar 8,3 juta KPM dan sisanya disalurkan oleh Himbara.

Dia menambahkan untuk pencairan BST di wilayah terdepan, terpencil, dan tertinggal (3T) dilakukan sekaligus tiga bulan. Contohnya di wilayah Maluku dan Papua, karena ongkos pengiriman BST ke wilayah tersebut sangat mahal.

"Kita berharap gelombang ketiga terutama daerah jauh seperti Papua kalau disalurkan setiap bulan menjadi tidak efisien, ongkosnya mahal. Jadi langsung 3 bulan," kata Asep. Seperti diberitakan Antara. (mdk/rhm)

Baca juga:
VIDEO Wawancara Mendes: Alur BLT Dana Desa Hingga ke Tangan Warga
Mensos Sebut Kota Depok Salah Satu Penerima Bansos Terbesar
Gubernur Riau Harap Aparat Cek Pembagian BLT ke Lapangan
Kades di Bangka Rogoh Kocek Pribadi Buat Warga Tak Dapat Bansos Covid-19
Pilkada 2020 Bisa Jadi Ajang Politisasi Bansos
Sebar Hoaks BLT, Ibu Muda di Gorontalo Dijemput Polisi

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Gerak Cepat Jawa Barat Tangani Corona - MERDEKA BICARA with Ridwan Kamil

5