Banten Segera Surati Kemenkes Minta Status PSBB

Banten Segera Surati Kemenkes Minta Status PSBB
PERISTIWA | 8 April 2020 19:15 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Pemerintah Provinsi Banten berencana mengajukan permohonan status Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di wilayahnya. Jika ini benar, maka ini menjadi provinsi 3 setelah DKI dan Jabar yang sudah mengajukannya.

Gubernur Banten Wahidin Halim melalui akun instagramnya, mengatakan pengajuan PSBB usai melihat perkembangan dan sudah berkoordinasi dengan Wali Kota Tangsel, maupun Tangerang.

"Agar secepatnya membuat surat untuk Presiden dalam hal ini Kementerian Kesehatan untuk dipertimbangkan perlunya PSBB dalam melakukan pembatasan-pembatasan," kata Wahidin, Rabu (8/4/).

Menurut dia, Pemprov Banten memberikan dukungan sepenuhnya terhadap langkah-langkah yang akan diambil oleh Bupati dan Wali Kota. Termasuk juga siap untuk sharing cost terhadap pengamanan sosial masyarakat.

"Jadi dari Presiden kita diharapkan dukungannya. Dari Provinsi dari Kota/Kabupaten tentunya harus menganggarkan berapa kebutuhan yang bisa kita alokasikan untuk warga terdampak Covid-19," jelas Wahidin.

1 dari 1 halaman

Wapres Setuju Ada PSBB

Sebelumnya, Wakil Presiden Ma'ruf Amin usai melakukan rapat melalui video conference, Selasa 7 April 2020 kemarin, dengan Gubernur DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Banten, niatan mengajukan PSBB itu sudah disampaikan.

Mendengar hal ini, Wapres sepakat usulan disekitar Jakarta melakukan PSBB. Namun, semuanya berada di tangan Presiden Jokowi.

"Pada dasarnya, masukan-masukan yang diberikan oleh Pak Gubernur itu sebenarnya memang Wapres sepakat saja. Cuma kan akhirnya keputusannya ada di Presiden ya, lebih pada itu sebenarnya. Karena kan Wapres hanya membantu saja supaya semuanya lancar, semuanya teratasi dengan cepat," ucap Juru Bicara Wapres Masduki Baidlowi, Rabu (8/4/2020).

Reporter: Putu Merta Surya Putra
Sumber: Liputan6.com (mdk/eko)

Baca juga:
Anies Minta Pusat Kaji Kembali Larangan Ojek Tarik Penumpang di Jakarta Saat PSBB
Emil Resmi Ajukan Kabupaten dan Kota Bogor, Bekasi dan Depok Status PSBB
Driver Ojek Online Pasrah, Tanpa PSBB Saja Hidup Sudah Susah
Sinkronisasi PSBB, Anies Koordinasi dengan Kepala Daerah Penyangga DKI
Menko Muhadjir: PSBB Tak Mudah, Butuh Komitmen Pemerintah & Masyarakat untuk Patuh
Setelah Jakarta Disetujui, Sejumlah Daerah Mulai Minta Izin Lakukan PSBB

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami