Bantu eksekutor Cebongan, Serda Ikhmawan divonis 1 tahun 3 bulan

Bantu eksekutor Cebongan, Serda Ikhmawan divonis 1 tahun 3 bulan
Sidang kasus Lapas Cebongan. ©2013 Merdeka.com/faqih
PERISTIWA | 6 September 2013 11:15 Reporter : Fikri Faqih

Merdeka.com - Majelis Hakim membacakan vonis untuk berkas 3 dengan terdakwa Serda Ikhmawan Suprapto dan berkas 4 dengan terdakwa Serma Rokhmadi, Serma Muhammad Zaenuri, dan Serka Sutar di Pengadilan Militer II Yogyakarta.

Ikhmawan mendapatkan vonis hukuman 1 tahun 3 bulan. Sementara sisanya rata-rata 4 bulan 20 hari.

"Ikhmawan Suprapto terbukti dalam tuduhan subsider dalam membantu melakukan pembunuhan," Kata Majelis Hakim Letkol CHK Joko Sasmito di ruang sidang utama, Jumat (6/9).

Vonis Majelis Hakim lebih ringan 3 bulan dari tuntutan Oditur Militer.

Ikhmawan terbukti telah membantu Serda Ucok Tigor Simbolon dalam penyerangan. Berdasarkan kesaksian dia bertugas menunggu 2 mobil di luar Lapas.

Dalam waktu yang sama Rokhmadi, Muhammad, dan Sutar mendapatkan vonis hukuman 4 bulan 20 hari.

"Ketiga terdakwa terbukti dalam tuduhan primer dengan tidak melaporkan kejanggalan kepada pimpinan, " Kata Majelis Hakim Letkol CHK Farida Faisal di ruang sidang.

Vonis Majelis Hakim dalam berkas 4 lebih ringan dari tuntutan Oditur Militer selama 8 bulan tahanan.

Sebelumnya, Serda Ucok Tigor Simbolon divonis 11 tahun penjara dan dipecat dari dinas kemiliteran karena terbukti terlibat pembunuhan berencana. Bersama dengan 11 rekannya, Ucok menghabisi empat tahanan di Lapas Cebongan, Sleman. (mdk/ian)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami