Banyak Pejabat Kena Covid-19, Bima Arya Sarankan Puasa Sosmed agar Cepat Sembuh

Banyak Pejabat Kena Covid-19, Bima Arya Sarankan Puasa Sosmed agar Cepat Sembuh
PERISTIWA | 26 September 2020 15:07 Reporter : Rifa Yusya Adilah

Merdeka.com - Wali Kota Bogor, Bima Arya Sugiarto merupakan pasien pertama Covid-19 di Bogor. Bima menduga bahwa dirinya terpapar Covid-19 di pesawat saat perjalanan pulang menuju Indonesia pada 16 Maret. Bima memang sedang melakukan kunjungan kerja ke Turki selama satu pekan. Sepulang dari Turki, ia dinyatakan positif Covid-19.

Bima menjalani isolasi di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Bogor sejak 19 Maret dan dinyatakan sembuh pada 28 April 2020. Bima pun sempat bercerita ke Presiden Jokowi cara agar bisa cepat sembuh dari Covid-19. Pasalnya, banyak pejabat publik yang terinfeksi Covid-19 dan meninggal dunia.

"Hari ketiga (diisolasi), Pak Jokowi telepon saya. Beliau tanya kondisi saya dan lain sebagainya. Alhamdulillah kondisi saya membaik, saya cerita ke Pak Jokowi bagaimana caranya agar membaik," kata Bima Arya saat diskusi virtual bertema Suara Penyintas Covid-19, Sabtu (26/9).

Bima memberikan saran ke Presiden Jokowi, agar meminta para pejabat yang terinfeksi Covid-19 untuk berhenti sejenak menggunakan sosial media. Menurut Bima, sosial media memberikan dampak yang kurang baik bagi perasaan dan pikiran seseorang. Sehingga Bima memutuskan untuk 'puasa sosmed (sosial media)'.

"Hari kedua saya diisolasi, saya memutuskan untuk 'puasa sosmed' dan besoknya kondisi saya membaik. Nah saya bilang ke Pak Jokowi, untuk beri tahu teman-teman pejabat yang lain maupun ke semua orang yang sedang berjuang melawan virus ini, coba 'puasa sosmed' dulu," ujarnya.

Daya tahan tubuh seseorang yang terinfeksi Covid-19, kata Bima, tidak boleh turun. Harus terus membaik agar bisa melawan keganasan virus Corona. Oleh karena itu, Bima tidak ingin melakukan hal yang bisa menurunkan daya tahan tubuhnya. Bermain sosmed menurut Bima bisa menurunkan daya tahan tubuhnya. Ia mengaku stres karena membaca pesan-pesan yang masuk ke whatsapp-nya.

"Saya bilang ke Pak Jokowi sosmed bikin stres. Kalau kita baca (sosmed) sedikit saja, itu bikin stres dan imunitas langsung drop. Makanya saya puasa sosmed, tidak buka WA (Whatsapp)," tutur Bima.

Selama menjalani perawatan di rumah sakit, Bima harus melakukan berbagai macam tes kesehatan, misalnya tes suhu, tensi, dan saturasi oksigen. Bima harus mengakui bahwa setiap kali membuka sosmed, tensinya naik.

"Sehari saya bisa tegang 6 kali, karena setiap pagi, siang, sore, malam harus test suhu, saturasi oksigen dan tensi. Nah tensi sering naik turun, kalau habis baca WA, pasti tensi saya naik," ujarnya sambil tertawa.

Baca Selanjutnya: Oleh karena itu Bima menyarankan...

Halaman

(mdk/ray)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami