Banyak Perempuan di Semarang Bakal Menyandang Status Janda

Banyak Perempuan di Semarang Bakal Menyandang Status Janda
PERISTIWA | 28 Desember 2019 02:31 Reporter : Danny Adriadhi Utama

Merdeka.com - Para istri di Semarang menjadi pihak yang mendominasi dalam pengajuan gugatan cerai ke Pengadilan Agama (PA) Semarang, Jawa Tengah. Belakangan kasus perceraian dipicu masalah ekonomi hingga kekerasan dalam rumah tangga (KDRT).

"Dari 3.403 gugatan cerai yang diajukan masuk, paling banyak istri yang mengajukan cerai gugat kepada suami ada 2.574. Sedangkan cerai talak, yang dilakukan suami terhadap istri ada 829 kasus," kata Panitera Muda Hukum Pengadilan Agama Kelas I A Kota Semarang Tazkiyatul Robihah, Jumat (27/12).

Dia mengungkapkan alasan lain mengajukan perceraian karena masalah kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) ada 27 kasus, sisanya seperti murtad atau pindah agama, poligami liar, judi, madat dan perzinaan.

"Pertengkaran karena faktor ekonomi yang mendominasi hingga 40 persen, sejumlah 2.244 kasus," ungkapnya.

Sampai saat ini, pihaknya juga masih menyelesaikan kasus persidangan sampai putusan. Berbagai cara sudah dilakukan kepada pemohon agar tetap mempertahankan rumah tangganya, namun itu menjadi pihak penggugat.

"Jadi kita sudah berupaya mediasi terhadap pemohon yang mengajukan dan semua menjadi hak penggugat. Alasan mereka sudah tidak nyaman dengan pasangannya," jelasnya.

Dekan Fakultas Psikologi Universitas Katolik Soegijapranata, Margaretha Sih Setija Utami mengatakan, trend perceraian semakin tinggi karena keinginan hidup nyaman. Kebanyakan orang ingin keluar dari zona tak nyaman, bahkan dengan cara cerai sekalipun.

"Pemicu utama perceraian hidup sudah tidak nyaman sama pasangannya.Kalau ada hambatan atau ketidaknyamanan, ingin ditinggal diganti yang lain," kata Margaretha. (mdk/cob)

Baca juga:
Ridwan Kamil Wacanakan Pasangan Bercerai Diwajibkan Tanam 100 Pohon
Pernikahan Dini Rentan Bercerai
Derry Sulaiman Soal Kabar Ustaz Abdul Somad Cerai: Itu Bukanlah Sebuah Kemaksiatan
Ratusan Kasus Perceraian Terjadi Setiap Bulan di Kota Santri
Pembekalan Calon Pengantin Demi Atasi 365 Ribu Perceraian Setiap Tahun
Cegah Perceraian, Kemenko PMK Buka Layanan Konsultasi Pernikahan Online

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan
TOPIK TERKAIT

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Menolak Bahaya Lebih Baik Daripada Mengejar Manfaat

5