Baru Jabat Kapolda Kaltim, Irjen Muktiono Ingatkan Anak Buah Netral di Pilkada

PERISTIWA | 7 Desember 2019 00:06 Reporter : Saud Rosadi

Merdeka.com - Kepolisian di Kalimantan Timur kembali diingatkan netral di Pilkada serentak September 2020 mendatang. Polri memastikan memberikan pengamanan maksimal untuk kelancaran semua tahapan Pilkada mendatang.

Penegasan itu disampaikan Kapolda Kalimantan Timur Irjen Pol Muktiono, saat memberikan arahan kepada jajarannya di Polresta Samarinda, di aula utama Mapolresta, hari ini.

Muktiono merupakan Kapolda baru, menggantikan Irjen Priyo Widyanto yang bergeser dengan jabatan baru sebagai Kapolda Sumsel menggantikan Komjen Pol Firli Bahuri.

"Kunjungan ke jajaran saya, kemarin ke gubernur, tokoh masyarakat. Hari ini saya ke Polresta Samarinda, menekankan hal-hal, tugas Kepolisian di wilayah Kaltim," kata Muktiono, Jumat (6/12).

Penekanan yang disampaikan, lanjut Muktiono, agar personel Polri di Kaltim khususnya Samarinda profesional, modern dan terpercaya.

Muktiono pun mengingatkan, Polri harus netral, saat berlangsungnya Pilkada serentak 2020 mendatang.

"Itu yang utama. Kedua, kita siapkan pengamanan semaksimal mungkin, agar seluruh kegiatan tahapan Pilkada, bisa jalan dengan baik, dan lancar," tegas Muktiono.

Muktiono belum mengetahui saat ditanya lebih jauh soal penanganan 6 kasus lokasi produksi minyak ilegal di Samarinda yang diungkap belum lama ini, dan baru menetapkan 1 tersangka sebagai penanggung jawab operasional lapangan.

"Kasus apa ini? Sekarang masih ada? Nanti tanya Kapolresta (Kombes Pol Arif Budiman) saja ya. Pemetaan (kasus) pasti ada, kita antisipasi. Dengan pelaksanaan tugas kita, kalau bisa, benar-benar kita antisipasi kejahatan yang mungkin timbul," demikian Muktiono. (mdk/cob)

Baca juga:
Aziz Syamsuddin: Penunjukan Irjen Listyo Sigit Sebagai Kabareskrim Sudah Tepat
Kasus Novel Jadi Tantangan Irjen Listyo Sigit Selamatkan Wajah Jokowi dan Polri
Irjen Listyo Sigit Jadi Kabareskrim, Kasus Novel Baswedan Menanti Penyelesaian
Kapolri Mutasi Kabid Humas Polda Jatim, Jabar Hingga Sultra
Gerindra Nilai Wajar Eks Ajudan Jokowi Jadi Kabareskrim
Profil Irjen Listyo Sigit Prabowo, Mantan Ajudan Jokowi jadi Kabareskrim

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.