Basarnas Berhasil Temukan 49 Korban Jiwa Gempa Mamuju dan Majene

Basarnas Berhasil Temukan 49 Korban Jiwa Gempa Mamuju dan Majene
Evakuasi korban gempa di Mamuju. ©2021 Merdeka.com
PERISTIWA | 17 Januari 2021 13:44 Reporter : Bachtiarudin Alam

Merdeka.com - Basarnas masih melakukan proses evakuasi korban gempa bumi di Kabupaten Mamuju dan Kabupaten Majene, Sulawesi Barat. Sampai saat ini Tim SAR Gabungan telah menemukan 49 korban.

"Masih 49 korban yang ditemukan. Kita sekarang Tim Gabungan SAR di Mamuju dan Majene melaksanakan pencarian korban yang keluarganya masih kehilangan. Tetapi sampai saat ini tim kami di Mamuju belum mendapatkan informasi mana saja keluarga yang kehilangan keluarganya untuk kita cari. Kita harus bersinergi dengan masyarakat," kata Deputi Bidang Operasi Pencarian dan Pertolongan dan Kesiapsiagaan Badan SAR Nasional (Basarnas), Bambang Suryo Aji, Minggu (17/1).

Bambang mengimbau agar masyarakat segera melaporkan ke Pos Gabungan di Mamuju maupun Majene apabila merasa keluarganya masih hilang. Apabila sudah didata maka Tim SAR Gabungan akan segera melaksanakan evakuasi korban.

"Sekarang masih didata terus berapa keluarga yang kehilangan kita akan laksanakan evakuasi dan pertolongan," imbaunya.

Sementara untuk proses evakuasi korban, kata Bambang, pihaknya masih melihat perkembangan evakuasi korban yang masih berlangsung.

"Ya kita melihat situasi di lapangan tentunya, apabila kita cukup menggunakan ekstrikasi, kita laksanakan. Korban yang pertama bisa tertangani dengan peralatan kita yaitu ekstrikasi itu untuk mengangkat korban dari reruntuhan," katanya.

Bambang mengatakan pihaknya juga telah menyiapkan sejumlah alat berat yang telah dikoordinasikan dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

"Tapi kalau membutuhkan alat berat, tentunya kita sudah koordinasi dengan Kementerian PUPR, ada beberapa alat berat yang sudah disiapkan. Kita tinggal menunggu saja di mana lokasi dari korban tersebut," tuturnya. (mdk/did)

Baca juga:
Aksi Anjing K9 Lacak Korban Gempa di Reruntuhan Rumah Sakit Mamuju
BNPB akan Berikan Dana Stimulan Rp50 Juta Bagi Rumah Rusak Akibat Gempa Sulbar
Doni Monardo Imbau Masyarakat Mamuju Tak Terpengaruh Isu Hoaks Gempa Susulan
Kepala BMKG: Energi Gempa di Sulbar Masih Tersisa, Belum Keluar Semua
Basarnas Berhasil Temukan 49 Korban Jiwa Gempa Mamuju dan Majene
Tinjau Wilayah Gempa di Sulbar, Menkes Budi Janji Penuhi Kebutuhan Medis

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami