Batan Sebut Paparan Radiasi di Tangsel Turun 70 Persen

Batan Sebut Paparan Radiasi di Tangsel Turun 70 Persen
PERISTIWA | 18 Februari 2020 10:33 Reporter : Kirom

Merdeka.com - Hari ke-6 pelaksanaan dekontaminasi, 115 drum berisi tanah dan vegetasi dari area terpapar di lahan kosong Perumahan Batan Indah dibawa ke Pusat Teknologi Limbah Radioaktif (PTLR) kawasan Puspiptek, Tangerang Selatan.

Badan Tenaga Nuklir Nasional (Batan) mengklaim telah terjadi penurunan paparan radiasi di area terdampak hingga 70 persen.

"Hasil mapping terakhir kemarin penurunan tingkat paparan di lokasi mencapai 70 persen, artinya itu tinggal 30 persen lagi," kata Kepala Hukum Humas dan Kerja Sama Batan Heru Umbara, Selasa (18/2).

Dia berharap, dengan progres tersebut pelaksanaan pembersihan bisa segera rampung sebelum 20 hari pekerjaan clean up.

"Harapannya mudah-mudahan bisa tidak sampai 20 hari. Jadi kita juga bisa mengerjakan yang lain dan warga di sini juga tidak terganggu dengan kita ramai-ramai begini," lanjut dia.

Pada pelaksanaan pembersihan hari ke06 ini, Batan telah menyiapkan 100 drum volume 100 liter per drum. Untuk mengangkat material berupa tanah dan tumbuhan yang ada di area terpapar.

"Tapi setelah satu tim ini bekerja akan kembali kita lakukan mapping kembali, untuk melihat progresnya. Jadi kita semua ingin ini (clean up) segera selesai dan nanti jika benar sudah clear akan kita dideklarasikan juga ke masyarakat," terangnya. (mdk/cob)

TOPIK TERKAIT

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami